Silaturrahmi Halal Bihalal Dengan Masyarakat Serbajadi dan Bintang Bayu, Bupati Soekirman Ajak Masyarakat Bersatu Dukung Pembangunan Wujudkan Visi Kabupaten

Serbajadi, Melanjutkan rangkaian halal bihalal hari raya Idul Fitri 1438 H dijajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Bupati Ir. H. Soekirman kembali melakukan kunjungan silaturahminya dengan masyarakat Kecamatan Serbajadi bertempat di Kantor Camat Serbajadi, Selasa (25/7).

Diawal sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengajak seluruh masyarakat untuk selalu bersyukur atas anugerah serta masih dilindungi Allah SWT dan dijauhkan dari bencana alam.

Dijelaskan Bupati Soekirman bahwa tugas pemerintah yaitu dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang telah diatur oleh Undang-undang. Terkait pembangunan khususnya pendidikan yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat, kedepannya diharapkan komitmen semua kecamatan di Sergai mengadakan bangunan untuk pendidikan madrasah.

Dalam hal pendidikan, khususnya keagamaan semua menjadi wewenang Kementrian Agama (Kemenag). Sedangkan untuk pendidikan umum menjadi wewenang Pemkab oleh karenanya, segala hal yang terkait adalah wewenang dan urusan instansi terkait mulai dari pengalokasian anggaran, pembangunan, pengembangan, penempatan tenaganya serta yang lainnya menjadi urusan Kemenag.

FOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Camat Serbajadi Drs. Zulkan dan Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos , Kepala OPD foto bersama dengan unsur Muspika dan penerima tali asih pada acara silaturrahmi Halal Bihalal dengan masyarakat bertempat di Kantor Camat Serbajadi dan Bintang Bayu, Selasa ( 25/7).

Sedangkan pemerintah daerah dapat membantu dalam hal pengusulan dan dukungan, merangkul dan mempromosikan kepada Kemenag, karena bagaimanapun juga pendidikan agama sangat penting dan selalu jadi prioritas utama dalam pembentukan karakter anak dari perkembangan zaman, ujarnya.

Kemudian dihimbau Bupati kepada masyarakat agar mewaspadai kesenjangan ekonomi yang dapat memicu perpecahan, penyalahgunaan narkoba, provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab serta terorisme dan radikalisme yang akhir-akhir ini semakin marak terjadi. “Melalui pendidikan agama merupakan salah satu langkah antisipasinya, mari kita selamatkan keluarga dan saudara kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan dengan saling mempererat silaturahmi. Hal ini agar kita sebagai masyarakat tetap bersatu padu dalam mendukung pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Camat Serbajadi Drs. Zulkan didampingi Muspika dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat dan bahagia atas kehadiran Bupati beserta rombongan dalam rangka silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri. Kecamatan Serbajadi yang terdiri dari 10 desa ini cukup kompak bersaudara dengan berbagai suku dan agama.

Dikatakannya, bahwa seluruh komponen masyarakat sangat mendukung program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah. “Mari kita saling bahu membahu bekerjasama dan bersama-sama bekerja agar menjadi lebih baik serta berguna bagi masyarakat banyak,” paparnya.

Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Serbajadi secara bergantian yaitu H. Sonyo, H. Sukirman dan Sarjono mengungkapkan rasa syukur dan doa atas kepemimpinan Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya, kiranya selalu amanah dalam memimpin masyarakat Sergai. Diungkapkan mereka rasa bangga dengan adanya waduk yang telah dibangun oleh pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Pertanian semakin terjamin dengan adanya waduk tersebut. Sementara itu untuk bidang pendidikan, masyarakat berharap diperbanyak pembangunan sekolah agama seperti Madrasah disetiap desa dalam rangka pembinaan umat, harap para tokoh masyarakat.

Acara diisi dengan tepung tawar jamaah calon haji asal Kecamatan Serbajadi serta penyerahan santunan kepada anak yatim/piatu yang berasal dari infaq pegawai Kantor Camat Serbajadi dan masyarakat.

Halal Bi Halal Kecamatan Bintang Bayu

Setelah silaturrahmi di Kecamatan Serbajadi usai, Bupati beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Kecamatan Bintang Bayu. Kegiatan diawali dengan peresmian Tugu Kampung KB serta disambut dengan tarian adat dan pemakaian ulos di Dusun I Desa Dolok Masango Kecamatan Bintang Bayu.

Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos didampingi Muspika dalam sambutannya menyampaikan kehormatan atas kehadiran Bupati beserta rombongan pada acara halal bi halal Idul Fitri 1438 H. Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini agar terus berkelanjutan guna mendekatkan masyarakat dengan pemimpinnya. “Doa dan dukungan dari masyarakat Kecamatan Bintang Bayu kepada pemimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” pungkas Camat Bintang Bayu.

Sementara Tokoh Masyarakat Bintang Bayu, S. Simarmata menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati karena telah mengunjungi masyarakatnya sebagai bukti kecintaan dan kedekatan pemimpin dengan rakyatnya. Terkait infrastruktur, masyarakat mohon diperhatikan jalan menuju Kecamatan Bintang Bayu guna mempermudah transportasi masyarakat menuju kecamatan lain, ujarnya.

Menyambut ungkapan dari masyarakat Bintang Bayu, Bupati Soekirman menyampaikan bahwa program pembangunan termasuk infrastruktur jalan akan dibangun secepatnya. Untuk itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar mensukseskan semua program pemerintah termasuk Kampung KB dan program pembangunan lainnya.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersatu dalam memerangi empat hal, yang pertama yaitu perang terhadap kesenjangan sosial, kedua perang terhadap provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ketiga perang terhadap radikalisme dan faham-faham yang mengarah kepada terorisme dan yang keempat adalah perang terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang semakin hari semakin mengkhawatirkan,” ajak Bupati.

Turut hadir pada acara di Kecamatan Serbajadi dan Bintang Bayu tersebut Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH, Kabag Umum Setdakab M. Syafransyah Putra Nasution, SSTP, Kabag Kesra H. Nasrul Azis Siregar, S.Sos, Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos, Camat Serbajadi Drs. Zulkan beserta Muspika, TP PKK kecamatan, APK PTPN 3 Sarang Ginting Juliandi P Silalahi, Majelis Kedatukan Serbajadi, penceramah Ustadz Heri Saputra Purba dan Ustadz Mulkan Azima, tokoh pemuda M.  Amin Malabar, UPT Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kades Dolok Masango Nasaruddin, tokoh adat, tokoh agama dan ratusan masyarakat Kecamatan Serbajadi dan Bintang Bayu.

285 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *