Pemkab Sergai Peringati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017

Perbaungan, MCSerdangbedagai.com

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memperingati Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2017 bertempat di halaman Kios Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Dodol Lily Myg Desa Sei Sejenggi Kecamatan Perbaungan, Senin (29/8).

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017 yang mengambil tema “Menyatu dengan Alam” ini turut dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH, Plh. Kajari Sergai Yuliana Sagala, SH, MH, Kasdim 0204/DS Mayor (Inf) Muhsin, Wabup Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Khairani Hadi Winarno, Kepala OPD, Kepala Bank Sumut Sei Rampah Sujendi, Ketua KPUD Sergai Ir. Muhammad Rizwan, MP, Ketua MUI H. Lukman Yahya, perwakilan Kemenag, para Camat, Kepala Sekolah, Guru Pendamping dan para siswa SD/SMP/SMA se-Sergai serta para undangan.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dalam sambutannya mengajak bersyukur dengan karunia Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa karena Kabupaten ini terhindar dari bencana alam yang dialami daerah lain. Pada kesempatan ini disampaikan apresiasi kepada petani yang terus menghasilkan pertanian organik yang tidak mengandung pestisida guna makanan yang sehat dan bergizi, juga terhadap kepedulian UMKM Dodol Lily Myg yang telah memberikan perhatian dan bantuannya melalui benih buah-buahan yang sangat berguna nantinya untuk kesehatan kita dan anak cucu kita.

Lebih lanjut dikatakan Soekirman bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) ini setiap tahun kita laksanakan guna mendekatkan diri kepada masyarakat guna mengajak peduli dan bersih lingkungan. Melalui momen hari ini dihimbau agar gerakan lingkungan hidup ini bukan hanya gerakan pemerintah, namun menjadi gerakan masyarakat juga.

Penelitian dari dinas terkait di Sergai beberapa tahun lalu ada 23 macam ikan di sungai-sungai di sergai, namun sekarang hanya tinggal 7 macam spesies saja. Ini tanda-tanda bahwa alam dan sumberdaya air kita sedang dalam keadaan terancam punah. “Jika Pemerintah aktif mencegah tindakan perusakan alam, namun masyarakatnya membiarkan, tentu tidak akan terjadi kerjasama yang baik dalam pelestarian lingkungan”, tegasnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau kepada Camat Tanjung Beringin sebagai Kecamatan Terbersih tahun ini, kiranya dapat menularkan pola hidup bersih lingkungan kepada masyarakatnya serta Kecamatan lain agar seluruh daerah di Sergai ini menjadi bersih dan lingkungan terjaga dengan baik.

Kemudian Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat agar membiasakan diri untuk mencintai lingkungan sejak dini, kemudian menanam pohon dan pelihara untuk penghijauan lingkungan, serta menjaga alam baik itu hutan, tanah dan air yang berarti menjaga kehidupan kita saat ini, esok dan akan datang, pungkas Bupati.

Sebelumnya, Kadis Lingkungan Hidup Radianto Panjis, SP, MMA dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan menghargai pentingnya keselarasan manusia dengan alam. Dan guna menumbuhkan rasa cinta kepada alam untuk pelajar tingkat SD/SMP/SMA sederajat, digelar berbagai perlombaan bertema lingkungan hidup antara lain Lomba Kecamatan Terbersih, stand up comedy, lomba vocal group. Lomba desain poster lingkungan hidup, karya ilmiah, lomba daur ulang, lomba pidato, lomba puisi dan lomba pengetahuan lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama pemilik UMKM Dodol Lily Myg Meyriza Arianda Sinaga menyampaikan dukungan penuh gerakan kesadaran lingkungan melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini antara lain dengan mensupport dalam bentuk pemberian bibit buah-buahan sebanyak 1.000 bibit buah-buahan antara lain sukun, mangga, jambu air madu dan durian untuk didistribusikan kepada masyarakat guna komitmen menciptakan UMKM yang berwawasan lingkungan. Mari bersama-sama membangun melalui peduli lingkungan untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Bertanggung Jawab, ajak Riza.

Acara diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan peduli lingkungan, Kecamatan Terbersih serta siswa berprestasi dalam perlombaan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017, dirangkai penyerahan CSR Becak Sampah dari PT. Tunas Harapan Sawit kepada Alfian Purba selaku Pelopor Peduli Lingkungan, serta diakhiri dengan penanaman pohon. (MCSergai/Indan)

Photo : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH dan Kadis LH Radianto Panjis, SP, MMA menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan Terbersih pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2017 bertempat di halaman Kios Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Dodol Lily Myg Desa Sei Sejenggi Kecamatan Perbaungan, Selasa (29/8).

 

 

192 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *