Bupati Soekirman Himbau ASN Sebagai Pionir Gerakan dan Kampanye Konsumsi Ikan

Sei Rampah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) menggelar kegiatan Lomba Masak Ikan dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tingkat kabupaten bertempat di halaman Diskanla Komplek Perumahan Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah, Kamis (12/10).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny.Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan Ketua TP PKK kecamatan serta ratusan anggota PKK se-Sergai.

Mengawali sambutannya Bupati Soekirman mengemukakan bahwa untuk menjaga kesehatan salah satunya dapat dimulai dari pengetahuan yang mendasar tentang asupan makanan pada tubuh kita. Seperti kita ketahui bersama bahwa ikan merupakan makanan yanga memiliki kandungan gizi yang baik bagi manusia.

Kandungan omega 3 yang terkandung didalamnya merupakan nutrisi yang penting, tidak hanya bagi kesehatan dan pertumbuhan tapi juga bagi perkembangan otak. Hal inilah yang mendasari tren konsumsi ikan masyarakat dunia dari tahun ke tahun terus meningkat, ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Bupati bahwa pada tahun 2017 ini, Pemkab Sergai menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat perkapita menjadi 42 kg/tahun. Target ini memang masih dibawah target nasional, akan tetapi masih menunjukkan tren yang terus meningkat. Jika dilihat dari realisasinya konsumsi ikan perkapita Kabupaten Sergai pada tahun 2015 yakni 38 kg dan tahun 2016 40 kg.

Oleh karenanya lanjut Bupati, untuk mencapai target konsumsi ikan di Sergai, Pemkab terus berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan dengan memaksimalkan potensi disektor perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan hasil perikanan.

TINJAU : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman dan bersama Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST sedang meninjau Lomba Masak Ikan bertempat di di halaman Diskanla Komplek Perumahan Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah, Kamis (12/10)

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman menyampaikan, pendidikan dan kesehatan menjadi fondasi dasar dalam pembangunan SDM. Dan SDM yang berkualitas menjadi keharusan untuk mewujudkan bangsa yang besar. Mengutip kampanye dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang sempat menjadi viral yaitu “ Ayo Makan Ikan, yang tidak makan ikan saya tenggelamkan”. Untuk itu Bupati menghimbau agar masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat khususnya para ASN sebagai pelayan publik dapat menjadi pionir gerakan mengkonsumsi ikan dan turut melakukan kampanye pentingnya mengkonsumsi ikan pada keluarga dan masyarakat, pungkasnya.

Sebelumnya Kadis Perikanan dan Kelautan selaku panitia penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan kegiatan yang bertema “ Melalui lomba masak ikan, kita ciptakan masyarakat sehat dan cerdas untuk mendorong Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan. Sedangkan tujuannya adalah untuk memasyarakatkan makan ikan, menyebarluaskan informasi tentang manfaat ikan dan mendorong kreativitas masyarakat dalam mengolah ikan.

Adapun yang berhasil meraih juara pada lomba masak ikan tersebut adalah juara I diraih oleh Kecamatan Tebing Syahbandar, juara II Kecamatan Perbaungan, juara III Kecamatan Silinda, Harapan I Kecamatan Sei Rampah, Harapan II Kecamatan Tebing Tinggi dan Harapan III Kecamatan Sei Bamban. (MCSergai/vivi)

150 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *