Wabup Darma Wijaya Buka Pra Musrenbang RKPD Sergai Tahun 2018

Sei Rampah, Sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan perencanaan pembangunan nasional, salah satu tahapan yang harus dilalui dalam proses penyusunan rencana pembangunan baik jangka panjang, menengah maupun tahunan adalah penyelenggaraan musyawarah penyelenggaraan pembangunan (Musrenbang).

Dalam prosesnya, penyusunan Rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2019 merujuk pada rencana pembangunan jangka menengah tahun 2019-2021. Hal ini mengingat RKPD merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, maka ranwal RKPD tahun 2019 merujuk pada RKP nasional.

Hal ini dikemukakan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka Pra Musrenbang RKPD Kabupaten Sergai Tahun 2018  bertempat di Aula Graha Soeltan Hotel di Sei Rampah, Rabu (21/3). Hadir dalam acara tersebut Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai dan narasumber dari Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Lebih lanjut disampaikan oleh Wabup bahwa tujuan penyelenggaraan Pra Musrenbang RKPD Sergai secara teknis,  sinergitas dan sinkronisasi perencanaan OPD provinsi dan kabupaten meliputi pertama, penyelarasan usulan kegiatan dan pendanaan pemerintah provinsi dan rancangan Renja OPD terkait dalam RKPD tahun 2019 termasuk isu-isu strategis provinsi (sampai level kegiatan), aspek lokasi target dan anggaran untuk bantuan keuangan provinsi. Kedua, kesepakatan kegiatan pendukung dan partisipasi (sharring) APBD provinsi terhadap program/kegiatan yang disinergikan dan ketiga kesepakatan program dan kegiatan prioritas dalam RKPD tahun 2019.

Dikatakan Wabup bahwa prioritas pembangunan daerah serta strategi dan arah kebijakan Kabupaten Sergai tahun 2019 sebagai berikut pertama, pemantapan kualitas infrastruktur, pengurangan kawasan kumuh, pengembangan periwisata dan peningkatan daya saing ekonomi.

Sedangkan strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah tahun ketiga 2019 antara lain memastikan kesinambungan upaya-upaya yang telah dilaksanakan, penyempurnaan pelayanan pemerintah daerah, pengembangan produk unggulan daerah baik dalam hal inovasi dan promosi, peningkatan potensi sumber daya alam diantaranya potensi pariwisata dan pengoptimalan pengembangan pembangkit listrik dan energi terbarukan guna menunjang kontinuitas dan stabilitas perekonomian di Sergai, ujar Wabup Darma Wijaya. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *