Musrenbang Kabupaten Sergai Tahun 2018

Wabup Darma Wijaya : Program dan Kegiatan Tahun 2019 Harus didiskusikan dan Dikritisi Secara Konstruktif dan Komprehensif

Sei Rampah, Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) merupakan suatu instrumen penting untuk menghasikan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang tidak terlepas dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah daeerah (RPJMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), RKPD Provinsi Sumut dan RKP nasional.

Kegiatan ini sangat penting, tidak terbatas untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan saja, namun lebih luas melalui pembahasan dengan pendekatan teknokratis, politis, partisipatif dan bottom up planing yang dirumuskan dalam berita acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Sergai tahun 2018.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka Musrenbang Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (27/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang diwakili Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu Ir. Azhar Harahap, Kepala OJK Regional V Sumut Lukdir Gultom, Wakil Ketua DPRD Sergai Defriati Tambah, Bupati Deli Serdang yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan M. Tahir Siagian, SE, Asisten Admum H. Karno, SH, M.AP, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Wabup bahwa tema untuk pembangunan tahun 2019 adalah “Meningkatkan perekonomian Kabupaten Serdang Bedagai melalui pembangunan infrastruktur yang mendukung pengembangan potensi daerah khususnya sektor pertanian dan pariwisata serta melakukan sinergitas pembangunan antara daerah dan desa”.  Dari tema ini, jelaslah arah kebijakan kita harus dapat menentukan prioritas pembangunan yang sesuai arah kebijakan tersebut, ungkap Wabup.

Prioritas pembangunan tahun 2019 adalah meliputi pertama, pemantapan kualitas infrastruktur, kedua pengurangan kawasan kumuh, ketiga penyempurnaan pelayanan pemerintah daerah, keempat peningkatan daya saing ekonomi dalam sektor pertanian dan pariwisata. Selain itu pembangunan tingkat desa harus disinkronkan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Sergai, kita memiliki 21 peraihan yang merupakan target RPJMD hingga tahun 2021. Oleh karenanya saya berharap seluruh desa se-Sergai dapat mengambil bagian dalam mensukseskan 21 peraihan tersebut.

Mengakhiri sambutannya Wabup Darma Wijaya mengharapkan melalui Musrenbang RKPD ini berbagai program dan kegiatan yang diusulkan pada tahun 2019 dapat didiskusikan dan dikritisi secara konstruktif dan komprehensif sehingga menghasilkan dokumen perencanaan yang rasional dan realitas sesuai dengan kemampuan pendanaan yang ada dan disinkrinisasikan dengan RKPD yang nantinya akan ditetapkan menjadi Peraturan Bupati (Perbup) Sergai. Untuk itu segenap peserta dapat berperan aktif memberikan saran dan masukannya, ujarnya.

Sementara itu Gubsu DR. Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si yang diwakili oleh Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provsu Ir. Azhar Harahap menyampaikan bahwa tahun 2019 adalah tahun terakhir pelaksanaan RPJMN tahun 2015-2019. RKP tahun 2019 fokus pada optimalisasi pemanfaatan seluruh sumber daya (pemerintah, swasta dan perbankan) untuk mengejar pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional dalam RPJMN.

Berkenaan dengan hal tersebut, prioritas pembangunan nasional pada RKP tahun 2019 makin dipertajam menjadi hanya 5 (lima) prioritas yaitu, pertama pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, kedua pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemitraan. Selanjutnya ketiga peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produksi, keempat pemanfaatan ketahanan energi pangan dan sumber daya air, sedangkan kelima stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu, kata Azhar Harahap. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *