Peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018

DanUp : Wabup Sergai Darma Wijaya tengah menerima laporan dari DanUp pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 bertempat di halaman SMPN 1 Pantai Cermin Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (2/5).

 

Mendikbud RI Muhadjir Effendy : Satukan Tekad Untuk  Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

Pantai Cermin, Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Rabu (2/5) melaksanakan Upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 bertempat di halaman SMPN 1 Pantai Cermin Kecamatan Pantai Cermin. Bertindak sebagai Inspektur Upacara  Wabup Darma Wijaya dan Komandan Upacara Pujiono, S.Sos, M.AP.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang dibacakan Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini juga kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan.

Dalam waktu yang bersamaan lanjut Mendikbud, kita menerawang kedepan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. Pada peringatan Hardiknas tahun 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan dibidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional.

Dalam Undang-Undang sistem pendidikan nasional tahun 2003, Bab I pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. “ Disinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghujam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy.

Kemudian dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup dan penyangga bangunan pendidikan nasional kita. Oleh sebab itu kebudayaan yang maju adalah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh dan menjulang.

Atas dasar pikiran di atas, pada hari pendidikan nasional 2018 ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia.

Turut hadir dalam peringatan Hardiknas Tahun 2018 Dandim 0204/DS Letkol Arm. Asep Hendra Budiana, SH, MM, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati,  Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Drs. Benny Saragih, MM, Dewan Pendidikan Sergai, para Kepala Sekolah, SD/SMP se-Sergai, Guru SD/SMP se-Kecamatan Pantai Cermin, Muspika Kecamatan Pantai Cermin dan Para siswa SD/SMP se-Kecamatan Pantai Cermin. MC Sergai/vivi

212 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *