Sergai Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018

PENGUCAPAN Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima kesiapan laporan pengucapan Pembukaan UUD 1945 dan pada peringatan Upacara Harkitnas Ke-110 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (21/5). 

Sei Rampah, Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 110 tahun 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (21/5). Turut hadir dalam pelaksanaan upacara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman selaku Inspektur Upacara (Irup), Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan ratusan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai. Sedangkan Perwira Upacara (Paup) Drs. Purba Siregar dan Komandan Upacara Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama yaitu kemerdekaan bangsa.

Lebih lanjut dikatakan Rudiantara, bersatu adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadap di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa bmelihat asal muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

SAMBUTAN : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah membacakan amanat tertulis Menkominfo RI Rudiantara pada peringatan Upacara Harkitnas Ke-110 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (21/5).

Rudiantara menambahkan bahwa momen seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Dengan mengusung tema “ Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,ujar Menkominfo Rudiantara.  MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *