Sergai Gelar Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Campak – Rubella Tahun 2018

KOMITMEN KAMPANYE : Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM tengah menyaksikan penandatanganan komitmen kampanye oleh Kadis Kominfo Ikhsan, AP yang diwakili Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik pada acaraAdvokasi dan Sosialisasi Kampanye Campak-Rubella di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (24/7). 

Sei Rampah, Untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat terhadap penyakit, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan menggelar acara Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Campak-Rubella di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (24/7). Hadir dalam acara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM , Kadis Kesehatan, Ketua MUI Sergai KH. Luckman Yahya, beberapa Kepala OPD, Para Camat, para Kepala Puskesmas, tenaga kesehatan.

Dalam sambutannya Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM menyampaikan bahwa terdapat 3 (tiga) fokus utama prioritas masalah kesehatan dari Kementrian Kesehatan pertama, percepatan eliminasi tuberkulosis, kedua peningkatan cakupan dan mutu imunisasi campak rendah dan ketiga insiden rubella meningkat 400% dan penurunan stunting.

Lebih lanjut disampaikan Sekdakab, imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat cost efektif, banyak kematian dan cacat yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Oleh karenanya lembaga kesehatan dunia atau World Healt Assembly (WHA) mempunyai tujuan untuk pencapaian target eliminasi penyakit baik secara global maupun regional di Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/kecacatan bawaan akibat dari penyakit rubella tersebut.

FOTO BERSAMA : Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM foto bersama usai acara Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Campak-Rubella di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (24/7).

“ Pelaksanaan kampanye campak dan rubella ini bukanlah hanya tanggung jawab dari Dinas Kesehatan semata, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Hadi Winarno.

Sebelumnya Kadis Kesehatan melaporkan bahwa kampanye imunisasi campak – rubella di Kabupaten Sergai menargetkan sasaran sebanyak 177.098 orang (data pusdatin) yang merupakan kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella serta menurunkan angka kesakitan camlak dan rubella dan menurunkan angka kejadianCongetial Rubella Sidrom (CRS), ujar Kadis Kesehatan. MC Sergai/vivi

193 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *