Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Sergai Berlangsung Khidmat

Sei Rampah, Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus tahun 2018 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Jum’at  (17/8) berlangsung khidmat. Upacara tersebut juga diwarnai dengan berbagai hiburan diantaranya atraksi polisi cilik binaan Polres Sergai, Marching Band dari berbagai sekolah yang ada di Sei Rampah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Perwira Upacara (Paup) Kapt. Inf. Salmon Sembiring dan Komandan Upacara (Danup) Kapt. Inf. AT. Panjaitan.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, pejabat Administrator, jajaran Bank Sumut, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, OKP, unsur masyarakat, ratusan Pelajar, Legiun Veteran Republik Indoensia (LVRI), KORPRI,  Barisan Generasi Muda Paskibra, Pramuka.

Upacara tersebut juga ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Sergai H.Syahlan Siregar, ST. Sedangkan anggota Paskibra yang mendapat kehormatan menerima langsung bendera merah putih dari Bupati Ir. H. Soekirman selaku Irup untuk dikibarkan di tiang bendera adalah Indri Nur Mahadi Siswi MAN 1 Perbaungan.

Penyerahan Sertifikat Tanah Pembangunan PN dan PA Sergai

Sebelum melaksanakan upacara detik-detik Kemerdekaan RI terlebih dahulu dilakukan pertemuan dengan unsur Forkopimda. Selain itu juga Bupati Soekirman menyerahkan sertifikat  tanah pembangunan Pengadilan Negeri Sei Rampah kepada  Ketua PN Lubuk Pakam H. Minanoer Rachman, SH, MH dan Pengadilan Agama Sergai kepada Ketua PA Lubuk Pakam Drs. H. Amir Hamzah, SH di Ruang rapat Bupati Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Usai menyerahkan sertifikat tanah, Bupati Soekirman menyampaikan bahwa mulai dari proses penghematan uang belanja hingga penyerahan sertifikat lahan ini berjalan lancar dan semoga dapat dibangun secepatnya. Moment penyerahan lahan ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam upaya pembangunan LP sehubungan telah dibangunanya PN dan PA nantinya.

Sesuai Berita Acara yang ditandatangani, Pemkab Sergai mengalokasikan tapak lahan untuk pembangunan kantor PN seluas 5.000 m2, sedangkan untuk pembangunan PA seluas 4.000 m2.

            Renungan Suci Jajaran Forkopimda

Pada Kamis dini hari sekira pukul 00.00 WIB digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka HUT RI ke-73 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati sekaligus mengenang jasa para pahlawan terdahulu.

Apel tersebut dipimpin oleh Irup Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga dan Danup AKP Syahril, SH, MH berjalan dengan tertib dan khidmat. Dalam pembacaan AKRS, disampaikan penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara.

Hadir juga dalam apel tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, OKP serta Pramuka.

 Temu Ramah Antar Generasi

Usai melaksanakan upacara detikdetik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 dan pengibaran bendera merah putih, selanjutnya Pemkab Sergai menggelar syukuran dan Temu Ramah Antar Generasi di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Hadir dalam temu ramah tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, unsur Forkopimda, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP NY. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, tokoh agama, tokoh masyarakat, LVRI, Ormas/OKP, barisan Paskibra, pelajar, pramuka serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Soekirman yang didampingi unsur Forkopimda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bertemunya anatar generasi kepada para pejuang/veteran. Temu ramah ini juga sebagai perwujudan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang sudah kita rasakan selama 73 tahun lamanya.

Pada kesempatan ini juga pemerintah telah mencanangkan tema “ Kerja Kita, Prestasi Bangsa” . Sesuai dengan team tersebut, kami merasa bangga juga karena generasi penerus yang merupakan putera-puteri asal Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat banyak yang berhasil meraih prestasi.

Salah satunya adalah Rani Jambak, puteri asal Tanah Bertuah yang kini hadir ditengah-tengah kita telah mengharumkan nama daerah. Terlebih saat ini keikutsertaannya pada ajang bergengsi Conference Of Indonesian Diaspora Youth 2018 yang merupakan suatu forum mempertemukan pemuda cemerlang se-Indonesia dan bertujuan membangun masa depan bangsa.

Oleh karenanya, Bupati berpesan terhadap generasi bangsa khususnya anak-anak Sergai agar mampu mengikuti jejak Rani Jambak sehingga akan banyak terlahir generasi milenial yang dapat menjadi penerus bangsa, pungkasnya. Sebelumnya Rani Jambak, MA dari Generasi Milenial menyampaikan bahwa kita sebagai generasi muda harus giat menimba ilmu, bekali diri dengan ilmu dan pendidikan. Hal ini lah yang akan mengantarkan para generasi kita kepada sebuah kesuksesan.

Sedangkan tokoh LVRI Adnan AB mengemukakan untuk merebut kemerdekaan dari belenggu penjajah diperlukan semangat persatuan dan kesatuan yang kokoh terhadap sesama pejuang. Selain itu juga Adnan berharap terhadap Pemerintah Daereah agar lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun bidang-bidang lainnya.

Pada sore harinya di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, dilakukan upacara penurunan bendera Merah Putih, dan bertindak sebagai Irup Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Komandan Upacara Kapt. Arh. LB Simatupang serta Perwira Upacara Kapt. Arh. JP Girsang. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *