Puncak Peringatan Harganas XXV Tingkat Provsu Tahun 2018, Bupati Soekirman Ajak Kader PKK Bangun Keluarga Hebat dan Sejahtera

Pantai Cermin, Pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 ini terdapat 3 (tiga) hal yang dibangun oleh keluarga yakni cinta keluarga,  cinta terencana dan cinta Indonesia.   Keluarga yang kuat dibangun dengan kebersamaan yang kuat. Sedikitnya keluarga harus dibangun dengan makan malam bersama, minimal sekali dalam seminggu supaya kita semakin erat hubungannya dan kuat berakar dalam keluarga. Hal ini adalah untuk membangun cinta keluarga.

Demikian sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Harganas XXV tingkat Provsu Tahun 2018 bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (19/9).

Hadir dalam perhelatan tersebut Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Letjen TNI (Purn) H  Edy Rahmayadi, mewakili Kepala BKKBN RI Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Dra.  Yayuk Rahayu, M.Si, Kepala BKKBN Provsu Drs. Temazaro Zega,M.Kes, Bupati/Walikota Se Sumut, unsur Forkopimda Sumut dan Forkopimda Sergai, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Telaumbanua, M. Kes, Ketua TP PKK Provsu Ny. Nawal Lubis Edi Rahmayadi,  Wabup H. Darma Wijaya,  Ketua TP PKK Sergai Ny.  Hj.  Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD Provsu dan OPD Sergai, Camat dan TP PKK Kecamatan se-Sergai, Kader PKK Provsu dan Sergai, penyuluh KB, Genre serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman bahwa yang kedua adalah cinta terencana  yakni merencanakan pernikahan yang baik dan merencanakan keluarga dengan baik. Dengan merencanakan keluarga dengan baik akan mengurangi permasalahan sosial yang potensial terjadi di masyarakat.

Kemudian yang ketiga adalah cinta Indonesia yaitu  membangun cinta Indonesia juga harus dimulai dari lembaga terkecil di masyarakat yakni keluarga.  Setiap keluarga harus menumbuhkan rasa cinta kepada Indonesia sehingga menghasilkan generasi muda yang berkualitas bintang dan mengharumkan nama bangsa dimasa yang akan datang. Oleh karenanya Bupati Soekirman mengajak para Kader PKK untuk membangun keluarga hebat dan sejahtera di Sumut, pungkasnya.

Sementara itu Gubsu Letjen TNI (Purn) H  Edy Rahmayadi mengemukakan bahwa tingkat perceraian di Sumut sebanyak 2500 kasus per tahun, tingkat kematian bayi dan permasalahan terkait keluarga lainnya  merupakan permasalahan sosial yang harus kita cari tahu penyebabnya dan penanganannya sehingga tidak bertambah setiap tahun.

Ditambahkan Edy Rahmayadi bahwa untuk penanganan setiap permasalahan sosial dalam masyarakat adalah demi mempermudah kehidupan masyarakat dan merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu mari kita bangun dari tidur kita dan membangun Sumut bersama-sama dimulai dari keluarga.  Kepada para Kader PKK membangun Sumut mulai dari keluarga, masyarakat yang berprestasi juga dimulai dari keluarga yang kuat dan tangguh sehingga melahirkan anak-anak yang unggul.

“Masa kampanye telah berakhir,  ini saatnya bahu membahu bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,  bersatu padu dan melupakan perbedaan pandangan yang ada karena kita menuju pada tujuan yang sama untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujarnya penuh semangat.

Sebelumnya Laporan Panitia yang disampaikan oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Telaumbanua, M. Kes menyampaikan rangkaian acara peringatan Harganas ke XXV yang berlangsung selama 2 hari,  18-19 September 2018 antara lain Bedah rumah tidak layak huni sebanyak 30 rumah di Desa Bingkat Kec. Pegajahan, akte kelahiran gratis kepada 4000 anak,  sosialisasi Kampung KB,  sosialisasi PIK Remaja,  penilaian Kampung KB dan PIK terbaik se Sumut, talkshow dan pameran, lomba masak ikan, advokasi program KKBK oleh BKKBN Sumut. Sedangkan untuk pelaksanaan Harganas ke XXVI dijadwalkan akan digelar di Kota Madina, paparnya.

Dalam kesempatan yang sama sambutan Kepala  BKKBN RI dibacakan Deputi Bidang KB dan kesehatan Reproduksi Dra.  Yayuk Rahayu, M.Si mengutarakan hidup kalau terencana maka semua akan lebih mudah,  maka pemerintah harus lebih memperhatikan masyarakatnya. Saat ini BKKBN sudah berusia 50 tahun. Program KKBK dari BKKBN merupakan bagian dari pembangunan SDM dengan membangun keluarga yang berencana.  Karena keluarga yang terencana akan menghasilkan keluarga yang lebih berkualitas dibandingkan dengan keluarga karena bencana.

Salah satunya adalah dengan mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) dan kependudukan yang saat ini sudah menunjukkan kemajuan pesat. Untuk itu disampaikan apresiasi kepada Kepala daerah,   Dinas terkait dan semua tenaga lapangan di provinsi maupun di pemerintah kabupaten/kota khususnya dalam mensosialisasikan alat kontrasepsi jangka panjang bagi para akseptor, kata Kepala BKKBN RI.

Disela-sela acara diserahkan hadiah bagi pemenang lomba dan penilaian terbaik dalam berbagai kategori diantaranya yang diperoleh Kabupaten Sergai  adalah juara Terbaik 2 lomba KB MKJP Kategori Puskesmas yakni Puskesmas Pantai Cermin, Terbaik 1 Lomba promosi dan konseling kesehatan reproduksi KB pasca persalinan dan KB pasca keguguran yakni Faskes RS.  Pabatu, Terbaik 1 Lomba petugas lapangan KB/Penyuluh KB Devi Dwi Yana Utami dari Kec.  Pantai Cermin

Kemudian Teladan 1 Lomba Institusi masyarakat Pedesaan (IMP) Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dengan predikat swageti kencana utama yakni Yusdiana Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan, Terbaik 2 Lomba keluarga hebat yakni Keluarga Dian Ariya Budi/Habibah Kecamatan Perbaungan, Terbaik 3 Lomba BKH-BI Kelompok Mawar Kecamatan Tanjung Beringin dan Terbaik 1 Kelompok Nuansa Kecamatan Pegajahan.

Selanjutnya diserahkan juga bantuan alat teknologi tepat guna (ATTG) bagi Kelompok UPPKS untuk  5 kelompok dan dari Sergai yang diterima Kelompok Rajungan Kecamatan Pantai Cermin. Penyerahan 45 sertifikat keterampilan tenaga kerja konstruksi secara simbolis. (MCSergai/RA)

Photo : Gubsu Edy Rahmayadi disambut Tari Selamat Datang, Photo : MCSergai
308 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *