Raih Terbaik Ketiga se-Sumut, Sergai Predikat Kabupaten Menuju Informatif

Medan,Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) meraih peringkat ketiga sebagai kabupaten/kota terbaik dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Kabupaten/Kota menuju informatif Provinsi Sumut Tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang diwakili Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu H.M. Fitriyus, SH, MSP kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman yang diwakili Kadis Kominfo H Ikhsan, AP, M.Si pada acara Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Sumut Tahun 2018 bertempat di Hotel Madani Medan, Rabu (17/10).

Hadir dalam acara tersebut para Komisioner Komisi Informasi Publik Sumut diantaranya Abdul Jalil, SH, M.SP, Drs. Robinson Simbolon, Meyssalina M.I Aruan, S.Sos dan Ramdeswati Pohan, M.SP, Ketua Ombudsman Provinsi Sumut Abyadi Siregar, Komisioner KPID Sumut Ramses Manulang, para Kepala Daerah, Kadis Kominfo kabupaten/kota se-Sumut serta kepala OPD Pemprovsu.

Dalam sambutan tertulis Gubsu Edy Rahmayadi yang dibacakan Kadis Kominfo Provsu H.M Fitriyus, SH, M.SP mengemukakan bahwa pada masa ini keterbukaan informasi tidak dapat dihindari lagi seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini,  khususnya bagi badan publik. Provinsi Sumut diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal melaksanakan iklim keterbukaan informasi termasuk bagi kabupaten/kota di bawahnya.

Gubsu juga mengucapkan selamat kepada para kabupaten/kota yang telah meraih predikat terbaik 5 besar, dan diminta kepada daerah untuk terus membenahi diri serta meningkatkan kesadaran keterbukaan informasi publik sampai tingkat OPD bahkan kecamatan dan desa.

Bagi kabupaten/kota yang belum berperan serta atau belum melaksanakan implementasi keterbukaan informasi publik sebagaimana yang diamanatkan UU No.  14 tahun 2008 agar segera memperbaiki diri, kata Gubsu.

Sebelumnya Bupati Sergai Ir H Soekirman melalui Kadis Kominfo H Ikhsan, AP, M.Si  mengucapkan terimakasih kepada para Komisioner KIP Provinsi Sumut dan Dinas Kominfo Provsu atas bimbingannya dalam mengimplementasi keterbukaan informasi di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Kami berkomitmen untuk terus berbenah dan mendorong semua OPD,  kecamatan bahkan sampai ke pemerintahan desa untuk terus menciptakan iklim keterbukaan dan pembangunan partisipatif di jajaran Pemkab Sergai. Semoga keterbukaan informasi publik di Sergai dapat terus dioptimalkan menuju good governancedan clean govermen,” ujar Ikhsan.

Dalam pemeringkatan tersebut yang masuk dalam lima besar se-Sumut adalah terbaik pertama diraih oleh Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), terbaik kedua Pemko Medan, terbaik ketiga Pemkab Sergai, terbaik keempat Phakpak Barat dan terbaik kelima Pemkab Dairi. (MCSergai/Ind)

 

246 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *