Pemkab Sergai Terima Kunker DWP Kabupaten Sleman

Bupati Soekirman : DWP Berperan Strategis dan Aktif Dalam Pembangunan Nasional

Sei Rampah, Sebagai organisasi masyarakat perempuan yang besar di Indonesia sudah seharusnya Darma Wanita Persatuan (DWP) mengambil peran strategis, berperan aktif dalam pembangunan nasional. Potensi DWP mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten sampai kecamatan dan kelurahan menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam mensukseskan pembangunan nasional.

Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat menerima kunjungan DWP Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yugyakarta bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (1/11). Turut hadir Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Penasehat DWP Kabupaten Sleman sekaligus Ketua TP PKK Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo beserta jajaran, Ketua DWP Kabupaten Sleman Suni Fatma Sumadi beserta jajaran, Sekretaris Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman Dra. Tina Hastani, MM beserta jajaran.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman bahwa pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat dimana perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang terkait dengan tiga hal yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Untuk itu program peningkatan wawasan untuk pengurus dan anggota DWP lebih diperluas lagi, katanya.

Menjadi anggota DWP adalah kebanggaan tersendiri bagi para istri ASN, namun hanya istri yang sah yang dapat menjadi anggota DWP. Oleh karena itu, para pengurus DWP diharapkan dapat menjaga marwah dan harga diri DWP karena dibalik baju yang rapi dan cantik ada pribadi yang menjadi tumpuan keluarga dan mengarahkan anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkarakter sejak usia dini. “ DWP jangan hanya menggelar kegiatan rutin seperti arisan, tetapi harus mampu pendekatan dan sosialisasi program karena banyak kegiatan sosial yang dapat menunjang program pemerintah agar tepat sasaran,” ujarnya.

Dilain hal, Bupati menceritakan bahwa dirinya merupakan keturunan suku Jawa. Di Kabupaten Sergai lebih kurang 40% masyarakatnya bersuku Jawa dan Jawanya dari berbagai daerah di Indonesia. Diceritakan Bupati bahwa dahulunya daerah ini merupakan Kesultanan Melayu Sultan Serdang. Meski beragam suku dan budaya, namun di Tanah Bertuah Negeri Beradat tidak ada konflik sosial dan hidup selalu harmonis.

“ Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada DWP Kabupaten Sleman yang telah datang ke Sergai.  Mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari segala macam marabahaya. Jika sudah sampai di sini tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi beragan Icon milik Sumatera Utara terkhusus Sergai. Silahkan diamati,  tiru dan  modifikasi dalam perjalanan ibu di Sergai,  demi kebaikan daerah ibu,  agar kiranya dapat diaplikasikan di Kabupaten Sleman,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DWP Sergai Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno menyampaikan bahwa untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan para pengurus maupun anggota DWP Sergai dilaksanakan kegiatan peningkatan keterampilan. Program ini telah berjalan setiap tahunnya dengan berbagai jenis keterampilan seperti membuat jambangan bunga, menghias tutup gelas dan toples serta pembuatan bros dari kain perca. Hal ini diharapkan dapat menambah pengetahuan ibu-ibu DWP Kabupaten Sergai.

Sementara itu  Penasehat DWP Kabupaten Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo mengutarakan niatnya yang telah lama ingin berkunjung ke Sergai. Dalam kunjungan ini  kami berjumlah 40 orang.  Tujuan kami datang ke Sergai adalah untuk melaksanakan study banding atau peningkatan kapasitas dan kegiatan inovasi apa saja yang ada pda DWP Sergai. Segala ilmu dan pengetahuan yang kami dapat dari Tanah Bertuah ini akan kami implementasikan di Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *