Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M Tingkat Kecamatan Sei Rampah

Sei Rampah, Dalam misi Nabi Muhammad SAW yang paling utama adalah menyempurnakan akhlak mulia, seperti dalam sabda-Nya ” Aku diutus Allah semata-mata untuk menyempurnakan akhlak mulia”.  Akhlak adalah kunci pokok bagi tegaknya panji-panji kehidupan umat manusia. Suatu pembelajaran penting yang kita terima dari Nabi Muhammad SAW adalah bahwa memulai segala sesuatunya dari diri sendiri. Demikian sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M tingkat Kecamatan Sei Rampah bertempat di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kamis (29/11) sore.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wabup Sergai H Darma Wijaya, Camat Sei Rampah,  unsur Muspika Kecamatan Sei Rampah,  Ustadz H Irfan Yusuf  atau yang biasa disapa  Ustadz Rahul, Tokoh Agama dan Masyarakat serta  Tokoh Pemuda Sergai Dimas Tri Adji serta ratusan masyarakat Kecamatan Sei Rampah. Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa  para sahabat Nabi dan kaum muslimin menerima ajaran Islam karena mereka melihat langsung kesesuaian antara kata dan perbuatan Rasul. Teladan pula yeng menyebabkan banyak pihak menaruh hormat kepada Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan Bupati bahwa kita sebagai umat Islam sudah seharusnya melanjutkan misi Nabi Muhammad SAW,  misi sebagai hamba terhadap Tuhan-Nya, mengajak manusia agar hanya menuhankan Allah dan beribadah kepada Allah. Selain itu juga misi sebagai Khalifah dengan mengajak manusia memanusiakan manusia dan agar mengerti fungsi hidupnya sebagai subyek perubahan ke arah yang lebih baik.

Dilain hal, Bupati mengutarakan saat ini banyak sekali kejahatan bertebaran sehingga membuat orang berani mengambil tindakan untuk melakukan hal yang negatif seperti yang kerap  terjadi disekitar kita misalnya pencurian kota infak. Hal ini merupakan dampak dari mulai tergerusnya keimanan seseorang serta dampak yang ditimbulkan dari semakin maraknya peredaran narkoba di sekitar kita. Oleh sebab itu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  ini hendaknya menjadi momentum untuk lebih mengenal sosok dan  lebih meneladani Nabi Muhammad SAW agar kita sebagai umatnya dapat di jauhkan dari sifat tercela dan lebih didekatkan kepada sifat terpuji, imbuhnya.

Bupati Soekirman juga mengucapkan terimakasih kepada Wabup Sergai H Darma Wijaya yang telah memplopori kegiatan normalisasi Sungai Rampah. Seharusnya ini bukanlah merupakan wewenang dari Kabupaten sebab secara teknis merupakan wewenang Pemerintah Pusat. Namun demi kepentingan rakyat kita harus bergerak bersatu,  bergotong royong untuk mengatasi permasalah banjir yang kerap kali terjadi di bantaran Sungai Rampah. Kesemua itu telah berhasil dipelopori Wabup Sergai H Darma Wijaya, ujarnya.

Terkait dengan informasi yang sudah berkembang bahwa dalam satu bulan kedepan  akan ada pemutihan pajak kendaraan bermotor,  semua itu merupakan hadiah dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu),  untuk itu kita harus memanfaatkan kesempatan yang ada agar kita nantinya tidak kesusahan dalam berkendara, demikian Bupati mengingatkan. Untuk mengambil hikmah dari acara tersebut, diisi dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz H Irfan Yusuf  atau yang biasa disapa  Ustadz Rahul mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW di utus oleh Allah SWT adalah sebagai “Uswatul hasanah” atau sebagai contoh,  panutan atau teladan yang baik.

“ Nabi hidupnya luar biasa berkahnya dalam 63 tahun hidup hanya dua kali sakit, dalam hidupnya Nabi selalu mengamalkan puasa Senin dan Kamis,  menjaga pola makan,  berjalan kaki menuju ke Masjid,  berdoa sebelum beraktivitas dan sebelum dan setelah tidur itu sebabnya Nabi selalu sehat,” ungkapnya.

Islam mengajarkan umatnya agar bersikap ramah walau  kepada binatang sekalipun,  seperti halnya dalam penyembelihan hewan kita mengutamakan keramahan dan kelembutan.  Seperti juga dengan akhlak Nabi sungguh luar biasa terlihat dari prilakunya. Hal ini tergambar saat itu Nabi Muhammad didzolimi olah orang kafir namun tetap tersenyum dan saat orang kafir tersebut jatuh sakit ia menjenguknya,  itulah sebahagian kecil dari Nabi Muhammad yang patut kita contoh, paparnya.  MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *