Mediacenter

Disdukcapil Sergai Tetap Berikan Pelayanan Prima Meski Pandemi

Sei Rampah,

Layanan terhadap pengurusan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tetap berjalan seperti biasanya.  Pelayanan administrasi dan jumlah pengurusan berkas di kantor Disdukcapil, tidak berbeda jauh dari sebelum hingga saat masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“ Tidak ada pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya yang akan mengurus dokumen kependudukan, namun kami membatasi kedatangan masyarakat untuk mendapatkan nomor antrean yaitu dari jam 8.00-10.00, di atas jam 10 kita anjurkan pulang ke rumah dan datang lagi keesokan harinya,” kata Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si melalui Sekretaris Dra. Heddy Sirait di ruang kerjanya, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah,  Rabu, (4/11/2020).

Diterapkannya pembatasan jumlah pengunjung, lanjut Heddy,  guna mencegah adanya kerumunan dan upaya pelaksanaan prosedur protokol kesehatan.  Masyarakat yang datang  juga harus mematuhi imbauan, seperti  memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak yang sudah ditentukan, katanya.

Sekretaris Disdukcapil menyebut, masyarakat pada umumnya mengurus berkas Kartu Keluarga (KK), KTP, surat pindah, akte kelahiran, akte kawin, dan akte perceraian. Namun, katanya lagi, berkas yang paling banyak diurus pada saat ini adalah KK, akte kelahiran, dan KTP, jelasnya.

Heddy Sirait membeberkan, untuk memberikan pelayanan prima meski dalam situasi pandemi, Disdukcapil mengerahkan dua petugas di loket yang bertugas bertatap muka langsung dengan masyarakat guna menampung berkas-berkas masyarakat yang sudah lengkap. selanjutnya, masyarakat dapat mengambil  berkas yang sudah selesai di keesokan hari ataupun lusa.

“ Dinas Dukcapil Sergai terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski masih di masa pandemi Covid-19, yang terpenting masyarakat tetap mengutamakan protokol kesehatan demi  kebaikan bersama. Disdukcapil berusaha untuk melayani dengan prima, agar dapat membagiakan masyarakat. Wujud dari pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat pun mendapat pujian dari DPRD komisi I pusat Medan” ungkapnya.

Salah satu masyarakat yang sedang melakukan kepengurusan dokumen kependudukan mengatakan bahwa pelayanan di Disdukcapil Sergai bagus, semuanya sesuai prosedur dan jam yang ditentukan. “ Semua masyarakat yang disini juga pakai masker, soalnya kalau nggak pake masker disuruh balik dulu,” ungkapnya.(Mc/Sergai/Nurul/Risa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts