Program SODAP Sergai Hadirkan Kapolres Sebagai Narasumber *Perkuat Sinergitas Seluruh Pihak*

Sei Rampah,

Program SODAP Sergai yang merupakan wadah dialog interaktif pembangunan mengudara di frekuensi 92,5 FM kedatangan tamu istimewa hari ini, Rabu (15/09/2021). Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang hadir sebagai narasumber dalam bincang-bincang terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Dalam pernyataannya di ruang pendengar Radio Sergai FM bersama para penyiar dan Kasi Layanan Kehumasan Nurlenti Purba, S.Sos, M.IKom, Kapolres melaporkan jika akhir-akhir ini progres penanganan pandemi nasional, termasuk Kabupaten Sergai, mengalami peningkatan yang sangat menggembirakan. Hal ini, sebutnya, dibuktikan dengan angka kesembuhan harian yang naik cukup signifikan.

” Ini tentu tidak terlepas dari masifnya pelaksanaan program vaksinasi. Kita sudah mencapai target vaksinasi dengan kelompok sasaran para lansia. Hal yang sama juga harus kita capai pada program vaksinasi yang menyasar masyarakat umum,” cetus Kapolres.

AKBP Robin Simatupang juga menyebut, saat ini setidaknya ada 12 tim relawan vaksinator dari Polri, selain tentunya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai.

“ Kita targetkan tim ini bisa mencapai target peserta vaksinasi sebanyak kurang lebih 504 ribu dosis vaksin,” jelasnya lagi.

Ia menegaskan jika vaksinasi harus benar-benar digalakkan dan masuk ke dalam komunitas-komunitas profesi seperti petani, nelayan dan lainnya. Untuk semakin menarik minat dan memudahkan para calon peserta, Kapolres menyebut perlu dibuat sistem “jemput bola”.

Kapolres menambahkan, tentu kerja untuk menyukseskan vaksinasi ini tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Ini merupakan kolaborasi antar semua lini terutama Dinas Kesehatan, Kepolisian dan TNI.

“ Semangat gotong royong mesti terinternalisasi dalam diri kita untuk menghadapi tantangan pandemi ini. Sekarang ada beberapa masalah yang kita hadapi di lapangan. Selain stigma sebagian masyarakat yang masih negatif terhadap pelaksanaan vaksinasi, kita juga mesti menyosialisasikan kepada masyarakat perihal keikutsertaan vaksinasi kedua. Hal ini karena ada warga kita yang sudah mengikuti vaksinasi pertama tapi tidak hadir di proses vaksinasi kedua,” katanya.

Untuk itu Kapolres berharap agar sosialisasi semakin diintensifkan lagi untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya proses vaksinasi demi menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Namun belakangan ini masyarakat semakin sadar pentingnya keikutsertaan dalam program vaksinasi.

“ Masyarakat sudah tahu jika vaksinasi ini sudah menjadi salah satu syarat untuk bisa mengakses layanan publik. Ini berdampak positif terhadap angka partisipasi masyarakat,” ucapnya lagi.

Sementara itu di tempat terpisah di sela-sela kegiatannya, Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, juga menyampaikan rasa syukur dan optimismenya terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan secara khusus di Kabupaten Sergai.

“ Meningkatnya angka kesembuhan tentu jadi pertanda yang baik terkait proses penanganan warga kita yang menjadi korban pandemi Covid-19. Ini juga jadi bukti jika sinergitas semua lini di Sergai berjalan dengan semestinya. Namun perkembangan positif ini jangan membuat kita terlena karena mesti dibarengi juga dengan keseriusan dan konsistensi bersama untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas,” katanya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

334 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *