Mediacenter

Bupati Sergai Tinjau Vaksinasi Lansia “Door To Door”

Teluk Mengkudu,

Upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hingga kini terus berlanjut, Selasa (26/10/2021), Bupati Sergai H Darma Wijaya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar AKABRI 1990.

Kegiatan vaksinasi dosis I ini dilakukan secara door to door bagi warga lanjut usia (lansia) di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu dan vaksinasi bagi pelajar di SMK Musda Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan.

Saat meninjau pelaksanaan vaksin lansia, Bupati Darma Wijaya mengatakan jika pelaksanaan vaksinasi ini merupakan kegiatan 31 Tahun Gelar AKABRI 1990. Dalam hal ini, Desa Sei Buluh terpilih sebagai desa percontohan untuk vaksinasi door to door bagi lansia untuk mencapai herd immunity dan mencegah meluasnya pandemi.

” Atas nama Pemkab Sergai bersama dengan Forkopimda, kami berterima kasih dengan ada sinergitas yang dilakukan Polri dan TNI, dengan adanya kegiatan vaksinasi yang disponsori oleh AKABRI ’90,” kata Bupati dihadapan unsur Forkopimda, OPD terkait, tenaga medis dan lansia peserta vaksin.

Bupati menyebut jika awalnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, khususnya di Desa Sei Buluh pesimis, karena pencapaian vaksinasi bagi lansia baru mencapai 25 persen dari target yang ditentukan. Tetapi dengan jemput bola atau door to door ke masyarakat, target vaksinasi sudah mencapai 76 persen.

“Kami sangat bersyukur dengan disponsori oleh AKABRI 90, bersama dengan Kapolres Sergai dan Dandim 0204/DS beserta jajaran yang telah melakukan door to door, Alhamdulillah target vaksinasi sudah mencapai target. Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama ini. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut dan bisa dilakukan di desa-desa lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darma Wijaya menambahkan saat ini Sergai berada pada zona kuning dengan risiko penyebaran virus covid-19 rendah. Vaksinasi juga sedang gencar dilaksanakan untuk pelajar sebagai syarat terpenting pembelajaran tatap muka (PTM)

Masih kata Bupati, jika Pemkab Sergai ingin masyarakat sehat dan bisa beraktivitas normal kembali dan mengubah pandemi ini menjadi endemi. Oleh karenanya, Ia mengimbau  kepada masyarakat dan para pelajar untuk segera vaksin demi Masyarakat Sehat, Sergai Kuat, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Teluk Mengkudu, dr Sri Eva Purba, menuturkan jika selama program vaksinasi door to door, para lansia menyambut baik hadirnya para tenaga kesehatan di kediamanya. Bahkan para petugas TNI/Polri dan tenaga kesehatan, memberi edukasi ke para lansia.

“Seperti kita ketahui bahwa kondisi lansia yang kadang sulit untuk jalan ke puskesmas atau tempat pelaksanaan vaksinasi. Makanya kita yang hadir untuk masyarakat khususnya lansia. Tidak ada penolakan dari para lansia, kita beri edukasi dan bahwa vaksin ini aman untuk kesehatan dan tidak seperti hoak yang mereka dengar selama ini, ” sebutnya

Dikemukakannya, jika pelaksanaan vaksinasi ini selama empat hari digelar mencapai 945 orang. “Pada tanggal 23 Oktober 2021 ada 236 orang sudah di vaksin. Sisanya, pada 24-26 Oktober berjumlah 706 orang divaksin,” jelasnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts