Mediacenter

Tinjau Warga Korban Bencana Puting Beliung, Wabup Adlin Tambunan Minta Masyarakat Waspada*

Sei Bamban, 

Akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrem. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah Wilayah di Sumatera Utara (Sumut) khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut mengalaminya cuaca ekstrim.

Curah hujan yang cukup tinggi dan angin putting beliung yang menerpa kencang mengakibatkan sejumlah rumah rusak. Salah satunya di Desa Suka Damai dan Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban. 

Wabup Sergai Adlin Tambunan saat meninjau dibeberapa titik lokasi, Senin (29/7/2024) mengatakan bahwa saat ini data yang  diperoleh di Kecamatan Sei Bamban sebanyak 45 jiwa dari 15 rumah terdampak angin puting beliung yang terjadi Minggu malam (28/7/2024).

Ia mengaku kehadirannya untuk meringankan sedikit beban masyarakat yang terkena dampak bencana angin puting beliung. 

“Kehadiran kami untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah. Sejauh ini, beberapa kecamatan lain juga terdampak seperti Kecamatan Tanjung Beringin, Perbaungan, Serbajadi dan lain sebagainya, ” ujarnya di sela -sela kunjungannya saat berbincang dengan warga. 

Pria yang juga menjabat Ketua GP Ansor Sumut ini mengaku akan membantu  masyarakat yang terdampak musibah angin puting beliung. 

“Kita akan data semuanya, bersama bapak Bupati Darma Wijaya kami terus turun dan memantau masyarakat yang terdampak, Insya Allah semua akan kita bantu,” imbuhnya. 

Tak lupa ia menghimbau kepada masyarakat untuk terus waspada atas cuaca ekstrim yang terjadi khususnya di Kabupaten Sergai.

“Kami minta masyarakat untuk waspada terhadap musibah, apalagi imbauan BMKG, Sergai tengah mengalami cuaca ekstrim, ” tandasnya. 

Bantuan yang diberikan mulai dari sembako seperti beras, mie instan, minyak goreng, terpal serta juga bahan bangunan seperti seng, kayu, paku dan lainnya yang akan disalurkan menyusul kemudian. 

Seorang yang rumahnya mengalami musibah di Desa Sei Bamban, Suriati mengaku sangat terbantu atas perhatian yang diberikan Bupati dan Wabup Sergai. Ia bercerita jika kejadian musibah ini sangat cepat. 

“Kejadiannya tadi malam, cepat kali, langsung terbang seng kami ke atas sawah sana, ” ujarnya sembari mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab Sergai yang dinilai tanggap atas musibah yang terjadi. 

Sebagai informasi, pada Minggu malam di Kabupaten Sergai dilanda musibah angin puting beliung. Sejumlah rumah di beberapa kecamatan terdampak atas musibah itu. Berdasarkan informasi awal, ada sekitar 92 jiwa dari 23 rumah yang terdampak di 5 Kecamatan. 

Turut hadir mendampingi Wabup Sergai, Kadis Sosial Arianto, Kalak BPBD Frits Prapanca Damanik, Camat Sei Bamban Doni Salfaria Simarmata, Kades dan lainnya. (Media Center Sergai/Tim Media/Rini Ry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts