Mediacenter

Pemkab Sergai Komitmen Dukung Pelestarian Budaya Karo

Pantai Cermin,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menegaskan komitmen mereka untuk merangkul dan pelestarian budaya di tengah masyarakat, salah satunya adalah masyarakat Karo di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Pernyataan ini disampaikan dalam acara “Pagelaran Budaya Masyarakat Karo” yang digelar di Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (6/8/2024).”Meski jumlahnya tidak banyak, masyarakat Karo di Sergai memiliki kualitas yang luar biasa,” ujar Bupati Darma Wijaya.

Bupati berharap agar kebersamaan dan sinergi dapat terus terjalin untuk membangun Sergai yang lebih maju. Dirinya juga menekankan pentingnya melestarikan tradisi dan budaya Karo sebagai kekayaan daerah.”Penting bagi kita melestarikan budaya Karo sebagai bagian dari kekayaan daerah yang harus dijaga dan dilestarikan,” ucapnya.

Senada dengan Bupati, Wabup Adlin Tambunan juga menyoroti pentingnya menjaga kerukunan antar identitas dan organisasi kemasyarakatan.”Kekompakan dan kerukunan adalah kekayaan yang harus kita jaga bersama.

Mari kita sukseskan pembangunan di Sergai dengan semangat persatuan,” ajaknya.Ketua DPP Himpunan Mahasiswa Karo Indonesia (HMKI) Pusat, Dr. Minola Sebayang, mengapresiasi perhatian Bupati dan Wabup terhadap masyarakat Karo di Sergai.”Terima kasih atas kepedulian dan perhatian Bapak Bupati dan Wakil Bupati. Semoga seluruh elemen masyarakat dapat bergandengan tangan membangun Sergai,” ujarnya.

Acara pagelaran budaya ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, termasuk Kapolres Sergai AKBP Jhon Hery Rakutta Sitepu, SIK, MH, Kajari Sergai Rufina br. Ginting, SH, MH, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, serta para kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat Karo Sergai.Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan, tokoh adat dan tokoh budaya Karo memberikan marga kepada Bupati dan Wabup Sergai beserta istri.

Bupati Darma Wijaya dianugerahi marga Tarigan, sementara Ketua TP-PKK Sergai, menerima marga Ginting. Wabup Adlin Tambunan dan Ketua GOPTKI Sergai, masing-masing menerima marga Sembiring dan Peranginangin.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Jepri/Yudi

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts