Mediacenter

Sempat Diwarnai Gerimis, Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Sergai Berlangsung Lancar

Sei Rampah,

Bertempat di Alun-alun Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama unsur Forkopimda, Pelajar dan elemen masyarakat melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2024) pagi.

Meski sempat diguyur gerimis, namun upacara berjalan lancar dan khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Darma Wijaya yang mengenakan busana adat Karo, Komandan Upacara Kapten Inf. Slamat Hidayat dari Danramil 09 Teluk Mengkudu dan Perwira Upacara Iptu Fauzul Arasy dari Polres Sergai.

Sedangkan pembawa baki bendera dari personil Paskibraka oleh Nazwa Aufa Nafisa dari SMAN 1 Teluk Mengkudu dan penarik tali bendera oleh Tantowi Moses Sitanggang dan Herdiansyah dari SMAN 1 Pantai Cermin, Fatihul Muchtar Ali Indaru dari SMAN 1 Bintang Bayu. Sementara itu Danton Paskibra Letda Inf. Fajri Marhandi dari Brigif 7 Rimba Raya.

Usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera sang merah putih, Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Tambunan menyampaikan semangat kemerdekaan dengan tetap mensyukurinya serta mengingat jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dalam kesempatn itu, Ia pun tak lupa mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat hingga dalam pelaksanaan upacara ini.

Khususnya pasukan Paskibraka yang telah mengibarkan sang merah putih dengan baik. Besarnya pengorbanan para pahlawan, lanjutnya, serta sebagian dari mereka gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kita jadikan sebagai renungan untuk lebih mensyukurinya.

Oleh karenanya, tugas kita melanjutkan perjuangannya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik. “Terima kasih kepada seluruh pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Perjuangan besar dari para pejuang telah mengorbankan segalanya hingga kemerdekaan yang menjadi cita-cita bersama dapat kita capai. Mari kita apresiasi kemerdekaan ini dengan melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Dirgahayu Kemerdekaan ke-79 RI.

Semoga semangat kemerdekaan selalu menginspirasi kita untuk berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa,” tutup Bupati.

Saksikan detik-detik Proklamasi secara virtual dari IKN

Di tempat yang sama, usai melaksanakan upacara, Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Tambunan, bersama unsur Forkopimda menyaksikan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dari Istana Negara Baru yang merupakan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Turut serta menyaksikan kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Pj. Sekdakab Sergai Rusmiani Purba, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta undangan lainnya.Disela-sela kegiatan juga dilakukan pelepasan 33 orang Atlet PON, pemberian piagam penghargaan BNN kepada Kepala Desa Pantai Cermin Kiri, Penghargaan Bupati Sergai kepada Dusun I Desa Dolok Merawan atas dedikasinya dalam pemberantasan narkoba serta beragam lomba tradisional yang dikhususkan bagi pengunjung.

Upacara Penurunan Bendera

Sore harinya dii tempat yang sama dilakukan penurunan bendera dengan Inspektur Upacara Wabup Sergai Adlin Tambunan.

Hadir mengikuti upacara penurunan bendera, unsur Forkopimda, jajaran Pemkab Sergai, pelajar, Ormas serta lapisan masyarakat lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Jepri

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts