Mediacenter

Sinergi Pemkab Sergai dan Forum TJSLP, Normalisasi Sungai Belutu Tahap IV Dimulai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) melaksanakan monitoring pengerjaan normalisasi Sungai Belutu yang memasuki tahap keempat, di Sei Rampah, Jumat (23/8/2024).

Bupati Sergai menyampaikan, program Forum TJSLP ini merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai dengan pihak swasta yang salah satunya diperuntukkan dalam rangka mengatasi permasalahan banjir yang sebelumnya jadi bencana rutin.

Darma Wijaya menyampaikan, normalisasi Sungai Belutu Tahap IV ini mencakup pengerjaan sepanjang 5.100 meter, dengan rincian 2.600 meter di sisi kiri dan 2.500 meter di sisi kanan sungai yang mengaliri Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin.

Selain itu, pengerjaan tambahan sepanjang 260 meter di kedua sisi sungai dilakukan dari Jembatan Sei Rampah hingga Rel Kereta Api di Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah.

“Program ini didanai melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Forum TJSLP tahun 2024. Pengerjaan tanggul dengan dimensi lebar atas 4 meter, lebar bawah 6 meter, dan tinggi 3 meter dari palung sungai ini diharapkan mampu mengendalikan aliran sungai serta meminimalisasi risiko banjir,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darma Wijaya pun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi Forum TJSLP dalam mendukung program-program strategis Pemkab Sergai.”Sinergi yang terjalin antara Pemkab Sergai dengan Forum TJSLP menjadi bukti bahwa kita semua memiliki komitmen yang sama untuk membangun daerah ini. Normalisasi Sungai Belutu ini adalah salah satu contoh konkret bagaimana kerja sama yang baik antara pemerintah dan sektor swasta dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan bahwa normalisasi Sungai Belutu merupakan salah satu prioritas dalam upaya penanggulangan banjir di Tanah Bertuah Negeri Beradat.”Kami optimis, dengan adanya dukungan dari perusahaan-perusahaan melalui Forum TJSLP, program ini akan berjalan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan, khususnya dalam mengurangi potensi banjir,” pungkas Darma Wijaya.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Pj Sekda Rusmiani Purba, SP, MSi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Johan Sinaga, SE, MAP, Kadis Lingkungan Hidup Sergai Hedi Novria, SH, serta tim teknis Forum TJSLP.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Admin : Julia

Foto : FTJSLP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts