Mediacenter

Pemkab Sergai Gelar Lomba Inovasi Daerah, Fokus pada Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terus berupaya mendorong peningkatan kinerja pelayanan publik melalui inovasi daerah. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan menggelar Lomba Inovasi Daerah yang kini telah memasuki tahap pemaparan materi dan wawancara. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bappedalitbang Kabupaten Sergai, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, pada Rabu (28/8/2024).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, yang juga menjadi salah satu tim penilai dalam lomba ini menekankan pentingnya inovasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik. “Inovasi adalah kunci untuk menjawab tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Dengan adanya lomba ini, kami berharap setiap OPD dapat terus berinovasi dan berkontribusi nyata dalam upaya peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Sergai,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa inovasi yang dihasilkan tidak hanya harus kreatif dan efisien, tetapi juga harus berkelanjutan serta mampu diimplementasikan secara efektif.

“Keberlanjutan dan implementasi yang efektif adalah dua aspek yang sangat penting. Sebuah inovasi yang baik harus bisa dijalankan dalam jangka panjang dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tegas Kaharuddin.

Terakhir dirinya berharap Lomba Inovasi Daerah ini dapat memotivasi OPD untuk terus berinovasi dan berkompetisi secara sehat dalam menciptakan pelayanan publik yang lebih baik, sesuai dengan visi Kabupaten Sergai untuk menjadi daerah yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan, Religius. Dalam tahap Lomba Inovasi Daerah kali ini, setiap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diberi kesempatan untuk memaparkan inovasi yang telah dibuat.

Setelah itu, mereka menjalani sesi wawancara oleh tim dewan juri yang terdiri dari Tenaga Ahli Bupati H. Gustian, SE, MM, Ak, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, serta Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara, Tapi Sari Rumonda Bulan Siregar, SS, SE. Tim juri memberikan sejumlah pertanyaan yang difokuskan pada implementasi dan dampak dari inovasi yang diusulkan, dengan penilaian yang didasarkan pada 20 indikator yang telah ditetapkan.

Inovasi yang dipaparkan meliputi berbagai sektor, seperti Dinas Komunikasi dan Informatika yang mengusung ROMS MANJA (Registrasi Online Media Massa Sergai dalam Genggaman Jari Anda), Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan dengan inovasi JOS KUPAH (Joging Sambil Kutip Sampah), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan inovasi BAKVIA PLUS (Buat Akte Kependudukan Via WhatsApp), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dengan inovasi AKROBAT (Kolaborasi Data), Badan Pendapatan Daerah dengan inovasi Go-SIP (Sistem Pelayanan dan Informasi Pajak Daerah Secara Elektronik), serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan dengan inovasi SIMBA (Sistem Informasi Manajemen Bappeda).

Ikut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Bappedalitbang Sergai Biswan Septia Tririzki Lubis, SE, dan Kabid Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Irfan Ramdhani, SE, MSP.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Hans

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts