Mediacenter

Bupati dan Wabup Sergai Resmikan Pembangunan Jalan di Melati II

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya meresmikan pembangunan jalan di Dusun Rambutan, Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Jumat(6/9/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur, terutama jalan, sebagai kunci dalam mempercepat mobilitas dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan ini sangat penting untuk mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sergai.

Kami berharap jalan yang dibangun ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam mempermudah akses dan menggerakkan roda perekonomian,” ujarnya.

Ia kemudian menginformasikan, salah satu proyek yang diresmikan adalah peningkatan ruas jalan Simpang Melati–Simpang Karang Anyer di Kecamatan Perbaungan. Proyek ini memiliki panjang 4.473 meter dengan lebar 4 meter, dan menggunakan konstruksi hotmix. Pembangunan jalan ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 dengan total anggaran sebesar Rp 11,07 miliar.

Bupati Darma Wijaya juga menekankan agar masyarakat menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah.”Kami berharap masyarakat dapat memastikan penggunaan jalan sesuai dengan kapasitasnya dan bersama-sama menjaga penggunaanya agar bertahan lama,” tegasnya.

Desa Melati II, dengan jumlah penduduk sekitar 20.000 jiwa, kini setara dengan beberapa kecamatan yang ada di Sergai. Darma Wijaya juga membuka wacana pengembangan kawasan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut.

“Kami ada wacana untuk membuat car free day di jalan ini. Kita bisa gunakan waktu untuk jalan-jalan, dan jika haus, kita bisa membeli minuman di sekitar sini. Kami juga sedang merencanakan pengembangan kota ekonomi, yang akan terhubung dengan area rekreasi,” ungkap Darma Wijaya.

Namun, Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap keamanan, terutama terkait anak-anak yang berkeliaran pada malam hari.

“Baru-baru ini ada kejadian begal, dan saya minta orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya, terutama saat malam. Ada anak usia 12 tahun yang masih berkeliaran pukul 4 pagi. Dengan populasi warga Sergai sebanyak 120.000, tentu sulit bagi kami untuk mengawasi semuanya,” tambahnya.

Wakil Bupati Sergai, H. Adlin Tambunan, juga menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas pembangunan infrastruktur yang telah terlaksana. Namun, ia menyebut bahwa beberapa proyek masih memerlukan waktu diproses karena alokasi dana APBD yang digunakan untuk pelaksanaan Pilkada.

“Saya sampaikan bahwa sebagian dana APBD kita, sebesar Rp 60 miliar, digunakan untuk keperluan Pilkada, sehingga ada beberapa proyek yang masih belum selesai. Kami berharap tahun depan dapat melanjutkan dan menyelesaikan semuanya,” ujar Adlin Tambunan.

Wabup Sergai juga mengimbau masyarakat untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun agar tidak cepat rusak.”Kita buat portal agar kendaraan berat tidak merusak jalan ini. Dengan begitu, kita bisa memastikan jalan ini awet dan dapat dinikmati lebih lama,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Kepala Desa Melati II Sudarno juga menyampaikan rasa syukur atas perhatian yang diberikan Pemkab Sergai terhadap pembangunan infrastruktur di desanya.

“Kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Wabup, inilah kondisi kami yang penuh rasa syukur. Pembangunan di Melati II sudah cukup banyak, beberapa dusun telah dibangun jalan, alhamdulillah. Bagi dusun yang belum tersentuh, kami yakin akan tiba gilirannya karena Bapak Bupati dan Wabup pasti akan memperhatikan,” ungkapnya.

Sementara itu Lurah Tualang Erwin Herianto SE.M.Si mewakili warga, mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Sergai atas pembangunan yang telah dilaksanakan.”Kami sudah menantikan pembangunan jalan ini dan alhamdulillah, akhirnya pembangunan ini terealisasi, dan kami berharap Bapak Bupati serta Wabup selalu dalam lindungan Allah SWT,” ucapnya.

Tokoh masyarakat setempat, Samsul Bahry, juga mengapresiasi pembangunan jalan tersebut.”Dulu jalan ini sering macet dan menjadi jalur alternatif bagi warga. Kami sangat senang jalan ini akhirnya dibangun lebih baik daripada gang yang lain. Terima kasih, Pak Bupati dan Wabup,” katanya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan yaitu pemberian santunan bagi anak yatim piatu, pemotongan tumpeng, pembagian hadiah Dusun Terbaik se-Desa Melati II, peresmian Sanggar Seni dan Budaya Melati II, serta pemberian hadiah turnamen sepak bola Melati II Cup 2024.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Camat Perbaungan Edy Syahputra, S.STP, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga.(Media Center Sergai)

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Budi

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts