Mediacenter

Pemkab Sergai dan PMI Sumut Gelar Peringatan HUT ke-79 dengan Semangat Kebersamaan

Pegajahan,


Dalam rangka memperingati Hari Lahir Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-79, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama PMI Sumatera Utara (Sumut) mengadakan rangkaian kegiatan sosial di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Jumat (13/9/2024). Acara ini mencakup donor darah sukarela dan pembagian makan siang sehat dan bergizi untuk masyarakat setempat.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadis P2KBP3A Helminur Iskandar menyampaikan pentingnya peran PMI sebagai satu-satunya perhimpunan nasional Palang Merah di Indonesia yang memiliki misi kemanusiaan.

“PMI didirikan pada 17 September 1945, satu bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan. PMI memiliki tugas universal dalam pelayanan, pengabdian, serta penyediaan bantuan pada saat bencana,” ujar Bupati.

Bupati melalui sambutannya menjelaskan bahwa organisasi PMI modern memiliki berbagai misi, mulai dari tanggap darurat, pengoperasian kamp pengungsian, hingga penyebaran informasi tentang hak asasi manusia (HAM).

“Selain itu, PMI juga melakukan pencarian dan reunifikasi orang hilang, serta pelatihan kesiapsiagaan bencana dan krisis kemanusiaan,” lanjutnya.

Dijelaskan oleh Bupati pada peringatan kali ini, PMI Sumut juga melaksanakan latihan gabungan dalam rangka siaga gempa atau tsunami yang mungkin terjadi di wilayah Megathrust Selat Mentawai-Siberut. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kesiapan relawan PMI dalam menghadapi bencana.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan donor darah sukarela dan pembagian makan siang sehat di Desa Bengabing turut menjadi fokus utama. Bupati Darma Wijaya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya terkait kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kesiapsiagaan bencana.

“Pemkab Sergai mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh PMI Sumut dan PMI Sergai. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pengurus dan relawan yang telah berpartisipasi, termasuk PMI kabupaten/kota se-Sumut dan masyarakat Desa Bengabing,” ujar Darma Wijaya.

Bupati juga mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan. 

“Harapan kami agar kita bersama-sama membangun sinergi demi tugas kemanusiaan yang sangat mulia,” tutupnya.

Ketua Panitia Pelaksana Ade Yuliansyah SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dimulai sejak Rabu (11/9/2024).

 “Kami mengadakan acara ini untuk mengantisipasi dan membantu pemerintah dalam menghadapi bencana,” ucapnya. 

Pengurus PMI Sumut, dr. Eka Airlangga berterimakasih kepada pihak penyedia lokasi acara dan kepada pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan. “Kami mengucapkan terimakasih atas pihak penyedia lokasi acara tempat menggelar kegiatan ulang tahun PMI dengan berbagai aktivitas.

“Inilah kehidupan kami, berusaha membantu pemerintah dalam menghadapi kemungkinan tantangan bencana ke depan, seperti gempa atau tsunami yang tidak bisa kita prediksi. Kegiatan donor darah di sini, Insyaallah, akan mengumpulkan 200 paket. Selain donor darah, kami juga membagikan makanan sehat dan bergizi untuk membantu penanggulangan stunting, serta melakukan pelatihan gabungan anggota PMI se-Sumut.”

Manajer PT Fajar Agung, Suta Wijaya, turut menyampaikan permohonan maaf jika terdapat kekurangan dalam penyediaan fasilitas. “Kami mohon maaf bila ada hal atau tempat yang kurang pantas di sini. Terima kasih juga kepada para undangan dan masyarakat yang sudah mendonorkan darah.” (Media Center Medan) 

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Budi 

Admin : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts