Mediacenter

Syukuran Panen Padi di Desa Sukajadi, Wabup Sergai Dorong Koordinasi untuk Optimalkan Hasil Pertanian

Perbaungan,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Tambunan menghadiri tasyakuran panen padi di Dusun I, Desa Sukajadi, Kecamatan Perbaungan, Sabtu (21/9/2020).

Dalam sambutannya, Wabup Adlin mendorong para petani untuk terus meningkatkan hasil panen dan memperkuat koordinasi dengan penyuluh pertanian guna menjaga posisi Sergai sebagai salah satu produsen beras utama di Provinsi Sumatera Utara.

Adlin Tambunan menyampaikan harapan besar agar Sergai terus mempertahankan statusnya sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar di Provinsi Sumatera Utara.“Sergai adalah penyumbang beras terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Deli Serdang. Ini bukan capaian yang mudah dan harus terus kita jaga serta tingkatkan.

Kunci keberhasilannya ada pada koordinasi yang baik antara petani dan penyuluh pertanian. Penyuluh di lapangan memiliki peran penting dalam memberikan arahan serta inovasi kepada petani, sehingga kita bisa memaksimalkan potensi lahan dan menghasilkan panen yang lebih melimpah,” ungkap Adlin Tambunan.Ia juga menekankan perlunya diversifikasi tanaman dengan menanam palawija sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan pertanian di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Tidak hanya padi, kita juga mendorong petani untuk memanfaatkan lahan mereka dengan menanam palawija seperti jagung dan semangka. Diversifikasi tanaman ini sangat penting untuk menjaga produktivitas sepanjang tahun.

Kita harus memastikan bahwa setiap petani mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, sehingga kita tidak hanya menjadi penghasil beras utama, tetapi juga memperkuat sektor palawija yang berpotensi besar,” tegasnya.

Lebih jauh, Wabup Sergai berharap agar seluruh komponen masyarakat, termasuk aparat desa dan tokoh masyarakat, turut aktif dalam menyukseskan berbagai program pertanian yang dicanangkan pemerintah.”Sinergi antara pemerintah, penyuluh, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan. Kami berharap, dengan adanya dukungan dari semua pihak, kesejahteraan petani di Sergai bisa terus meningkat, dan produksi pertanian kita bisa terus berkontribusi bagi ketahanan pangan Sumatera Utara,” tutupnya.

Kepala Desa Sukajadi, Misro, SH, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Wabup Adlin Tambunan dalam acara syukuran tersebut. Misro juga mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah kali ini.“Dari hasil panen kemarin, ada yang mencapai 400 kg dari satu rante. Inilah salah satu alasan diadakan acara tasyakuran ini karena hasil panen kita memang sangat memuaskan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Misro juga mengungkapkan rencana pengembangan sektor pertanian di Desa Sukajadi dengan menanam palawija, seperti semangka dan jagung.“Ke depan, kita akan mencoba menanam semangka dan merencanakan agar pada bulan Januari tahun depan sudah bisa panen.

Kita ingin memanfaatkan waktu turun panen padi untuk menanam palawija seperti semangka, jagung, dan lain sebagainya, yang diharapkan juga memberikan hasil yang baik,” jelasnya.

Acara syukuran ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Sergai Dedy Iskandar, SP, MM, Camat Perbaungan Edy Syahputra, S.STP, M.Si, serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat Desa Sukajadi. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Budi

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts