Mediacenter

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Buka Bimtek Aplikasi ARKAS untuk SMP

Perbaungan,

Bupati Sergai H. Darma Wijaya resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2024.

Acara ini berlangsung di aula Titik Temu Sergai di Kecamatan Perbaungan, Jumat (10/8/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menekankan pentingnya penggunaan ARKAS untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ia menyebut ARKAS diharapkan dapat membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, dan pertanggungjawaban dana BOS secara lebih efisien dan efektif.

Bupati juga menjelaskan berbagai manfaat yang dapat dirasakan satuan pendidikan setelah menggunakan ARKAS. Yang pertama, ia menjelaskan aplikasi tersebut mampu membuat perencanaan dan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan dana BOS secara lebih efisien.

Kemudian Bupati menyebut, ARKAS juga mampu mengubah dan menggeser perencanaan dan penganggaran dana BOS secara lebih mudah.

“Selain itu, aplikasi ini mampu melaporkan hasil realisasi belanja dari perencanaan dan penganggaran dana BOS secara lebih mudah dan mempercepat proses pelaporan penggunaan dana BOS secara efisien dan efektif,” terangnya.

Terakhir Bupati Darma Wijaya berharap kegiatan Bimtek ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta, sehingga pengelolaan dana BOS di satuan pendidikan semakin efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.

“Kalau sudah demikian demikian, mutu sektor pendidikan di Kabupaten Sergai dapat terus ditingkatkan,” tandasnya.Sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan SMP (Kabid SMP) Dinas Pendidikan Sergai, Maryam, SE. MPd, dalam laporannya menjelaskan Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 9 hingga 12 Agustus 2024.

“Peserta Bimtek berjumlah 197 orang, terdiri dari 94 orang kepala sekolah, 68 orang operator sekolah, dan 35 orang bendahara sekolah. Narasumber kegiatan ini berasal dari Pelayanan Pajak Pertama Tebing Tinggi, BPMP Sumatera Utara, Inspektorat Kabupaten Sergai dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai,” paparnya.Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Sekretaris Dinas Pendidikan Sergai Agus Salim Berutu, S.Pd, MM serta narasumber dari Inspektorat Sergai Andi Hermanto.

Teks/editor: Ardi/Lenti.

Reporter : Budi

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts