Mediacenter

Tingkatkan Akurasi Data Daerah, Pemkab Sergai gelar Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Desa “CANTIK”

Sei Rampah,

Dalam upaya meningkatkan akurasi data daerah dan penyelenggaraan perencanaan pembangunan yang efektif berbasis data yang akurat, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Desa Cinta Statistik (CANTIK) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (19/9/2024).

Dalam sambutan Bupati Sergai Darma Wijaya yang disampaikan melalui Penjabat (Pj) Sekdakab Rusmiani Purba, SP,MSi menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini akan menjadi titik awal bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sergai untuk membangun data sektoral yang akurat dan kuat.

“Dengan adanya data yang terkini dan benar, Kabupaten Sergai dapat melangkah lebih jauh menuju pemerintahan yang baik, di mana perencanaan pembangunan harus ditopang oleh statistik sektoral yang dihasilkan oleh setiap OPD,” ujarnya.Bupati melalui Sekdakab juga menekankan pentingnya meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan statistik oleh pemerintah daerah, dengan dukungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai melalui pembinaan yang dilakukan ke seluruh OPD, jelasnya.

Marine Sohadi Angkat, S.Si, M.Si, selaku Kepala BPS Sergai, menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional. “Pembinaan Statistik Sektoral dan Sosialisasi Desa CANTIK dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan SDM di setiap dinas atau badan terkait dalam penyelenggaraan statistik,” jelasnya.Marine Sohadi juga menyoroti bahwa salah satu indikator keberhasilan statistik daerah adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Pada tahun 2023, nilai IPS Sergai tercatat sebesar 1,4 dan pada tahun 2024 meningkat menjadi sekitar 2 koma sekian, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengelolaan data statistik. “Kami berterima kasih atas kerja sama yang baik, sehingga nilai IPS kita meningkat dari kurang menjadi cukup,” tambahnya.

Dalam sesi materi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Sergai, Ingan Malem Tarigan, SE, memaparkan tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Lingkungan Pemkab Sergai.

Ia menjelaskan bahwa Dinas Kominfo berperan sebagai Walidata yang mencakup pengumpulan, pemeriksaan, pengolahan, analisis, dan publikasi data statistik. “Sebagai Walidata, Dinas Kominfo bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan dan dipublikasikan adalah akurat dan bermanfaat bagi perencanaan serta pengambilan keputusan di pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Drs. Zulfikar, serta para narasumber lainnya yaitu Irfan Ramdhani, SE, MSP, Darman Mikael Purba, S.ST, dan Juwita Endang Purba, S.Sos.Melalui kegiatan ini, diharapkan Kabupaten Serdang Bedagai dapat mewujudkan visinya sebagai daerah yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius, dengan dukungan statistik sektoral yang lebih baik dan terintegrasi. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry

Reporter : Frans

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts