Mediacenter

Tingkatkan Apresiasi Pelajar Terhadap Warisan Budaya Lewat Promosi Museum Sergai

Perbaungan,

Dalam rangka melestarikan dan memperkenalkan warisan budaya kepada generasi muda, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar program kunjungan siswa-siswi SD dan SMP ke Museum Kebudayaan Sergai.

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Poraparbud Drs. Akmal, AP, M.Si didampingi Kabid Kebudayaan Dewi Sulistriani, S.Sos disela-sela kegiatan di Museum Komplek Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Perbaungan, Senin (23/9/2024).

“Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran pelajar akan pentingnya sejarah, seni, dan budaya lokal. Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam mengedukasi dan menumbuhkan rasa bangga generasi muda terhadap kekayaan budaya bangsa,” jabar Kadis Poraparbud.

Akmal menjelaskan, museum merupakan salah satu tempat terbaik untuk memahami perjalanan sejarah dan budaya. Melalui program ini, dirinya berharap para pelajar dapat menghargai dan melestarikan warisan budaya yang dimiliki Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Program promosi ini dikemas dalam bentuk tur edukatif yang dipandu oleh kurator dan staf museum. Pelajar diajak untuk mengeksplorasi berbagai koleksi unggulan museum, seperti foto sejarah, rumah adat, alat musik tradisional, serta benda-benda etnografi yang memiliki nilai historis. Setiap koleksi dijelaskan secara interaktif, menghubungkan aspek sejarah dan sosial yang relevan dengan kurikulum sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Akmal, selain tur, kegiatan ini juga menyelenggarakan sesi diskusi dan tanya-jawab untuk mendorong pelajar bertanya lebih dalam tentang proses pelestarian benda bersejarah. Sesi ini diiringi dengan kuis edukatif serta lomba kecil yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman pelajar terhadap materi yang dipamerkan. Museum ini juga menghadirkan narasumber kredibel yaitu Bunda Indriani atau yang akrab dengan panggilan “Bundri” dari Cerita Baik Foundation di Medan.

Kadis Poraparbud menginformasikan, ada 5 SMP, 4 SD, dan 1 SLB di sejumlah kecamatan di Sergai yang dijadwalkan mengikuti kegiatan ini sejak tanggal 10 September sampai 11 November mendatang.

“Kunjungan ini akan dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Museum Kebudayaan Sergai sendiri berlokasi di Jalan Medan-Tebing Tinggi KM 42, Kompleks Replika Istana Sultan Serdang, Kecamatan Perbaungan. Dengan adanya program ini, diharapkan generasi muda di Sergai semakin terlibat aktif dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah daerah,” tandasnya. (Media Center Sergai/Ardi/Rini Ry).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts