Mediacenter

Pemkab Sergai Pacu Kemandirian Sektor Perikanan Lewat Bantuan Peralatan Pengolahan Ikan

Teluk Mengkudu,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perikanan Kabupaten Sergai menyerahkan bantuan peralatan bedah Unit Pengelolaan Ikan (UPI) kepada Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklahsar) Usaha Berkah, Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Senin (7/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Penjabat Sementara (Pjs.) Bupati Sergai H. Parlindungan Pane, SH, M.Si, yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kahar Effendi, S.Sos. Kahar Effendi menyampaikan Kabupaten Sergai memiliki potensi perikanan yang sangat besar, didukung oleh garis pantai yang panjang dan melimpahnya hasil laut.

Ia juga mengutarakan pentingnya dukungan fasilitas dan peralatan modern bagi para pelaku usaha di sektor perikanan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Pemberian peralatan ini adalah bentuk komitmen Pemkab Sergai dalam mendukung pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di sektor perikanan,” jelasnya.

Staf Ahli berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kapasitas produksi serta membuka peluang pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan produktivitas sektor perikanan, terkhusus kesejahteraan masyarakat Desa Pematang Setrak.

“Dengan peralatan yang lebih baik, kami optimis usaha pengolahan ikan di desa ini akan lebih efisien dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Selain memenuhi kebutuhan pasar lokal, produk olahan ikan dari Desa Pematang Setrak berpotensi menembus pasar di luar daerah. Ini tidak hanya akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat, tetapi juga mengukuhkan posisi Sergai sebagai salah satu sentra pengolahan hasil laut di Sumut,” imbuhnya.

Beberapa jenis peralatan yang diserahkan antara lain mesin penggiling daging, mesin pengadon, kompor gas, meja stainless steel, timbangan digital, vacuum sealer, cool box, pisau stainless steel, baskom stainless, dandang kukusan, blender multi fungsi, talenan plastik, chest freezer, spatula stainless, tabung gas elpiji, rak perabotan, dan ember berpenutup.

Ikut hadir dalam serah terima ini di antaranya Kadis Perikanan Sergai Dr. Claudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, Camat Teluk Mengkudu Rizki Abdullah Nasution, S.STP, M.S.P, dan pengurus Poklahsar Usaha Berkah. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Jepri/Yudi

Admin :Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts