Pemerintah Sergai Terima Mahasiswa PBL USU

Sei Rampah,  Bupati Serdang Bedagai (Sergai), diwakili Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM menerima Mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU di Halaman Kantor Bupati Sergai, Rabu (22/2). Turut hadir dalam acara ini Asisten II Drs Ahmad Zaky, MAP,  Wakil rektor III USU Prof Heru Santoso, PhD, Ketua Tim PBL Ir Evi Naria, M.Kes, rombongan dosen FKM USU, Camat Perbaungan, Pantai Cermin, Pegajahan dan Tanjung Beringin, Kepala SKPD, serta 195 mahasiswa PBL FKM USU.

Bupati Sergai dalam sambutannya, yang dibacakan Sekdakab Sergai, mengucapkan terima kasih FKM USU yang menjadikan Kabupeten Sergai sebagai tempat PBL bagi masiswanya.

“Salam hangat atas nama Bupati dan Wakil Bupati. Kami senang menerima mahasiswa FKM USU ini. Mahasiswa berjumlah 195 orang ini akan kami ditribusikan di empat kecamatan. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu Kabupaten Sergai dalam menemukan permasalahan kesehatan yang ada,” ucap Sekdakab.

Dalam kesempatan itu, Sekdakab Sergai menambahkan, bahwa pada bidang kesehatan terdapat beberapa program esensial yang merupakan tanggung jawab pemerintah. “Ada pun program itu berupa: promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan keluarga dan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, penyembuhan penyakit dan pelayanan kesehatan. Ditambah lagi beberapa program inovasi seperti: kunjungan dokter spesialis ke Puskesmas, penyediaan rumah tunggu kelahiran (RTK), penetapan Peraturan Bupati tentang kawasan tanpa rokok, penyediaan klinik Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan pendataan keluarga sehat,” ujarnya.

Sekdakab Sergai juga mengharapkan dengan kehadiran mahasiswa FKM USU dapat memberi motivasi kepada masyarakat Sergai khususnya daerah yang merupakan lokasi PBL yaitu, Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Pegajahan dan Tanjung Beringin. Sehingga masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan mereka sendiri.

Terakhir, Sekdakab meminta Dinas Kesehatan Sergai serta pihak kecamatan maupun desa dapat saling bersinergi dan memfasilitasi dengan baik segala keperluan yang dibutuhkan menyangkut proses belajar mengajar mahasiswa PBL dari FKM USU.(Mc Serdang Bedagai/Febri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *