Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah di 17 Kecamatan

Sei Rampah, MCSerdangbedagai.com

Guna mengantisipasi lonjakan harga selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) menggelar pasar murah. Pasar murah ini digelar mulai tanggal 31 Mei s/d 16 Juni 2017 dengan lokasi yang berbeda. Dalam kesempatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyempatkan diri untuk meninjau langsung ke lokasi sekaligus membuka pasar murah tersebut yang dilaksanakan di alun-alun Kantor Camat Perbaungan, Rabu (31/5). Selain Bupati, hadir juga Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Ir. H. Kaharuddin, Kepala OPD, Muspika serta ratusan masyarakat yang ingin berbelanja di pasar murah.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman disela-sela tinjauannya mengemukakan bahwa pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Sergai terhadap masyarakat. Selain itu  bertujuan untuk mengantisipasi agar harga tidak semakin melambung juga untuk meringankan beban masyarakat selama Ramadhan dan menyambut Lebaran 1438 H. Pada tahun 2017 ini, kegiatan pasar murah dilaksanakan di 17 Kecamatan se Kabupaten Sergai.

Bupati Soekirman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu bersyukur, selain itu juga selama bulan puasa agar kita menjaga kerukunan sebagai warga Tanah Bertuah Negeri Beradat tentunya dengan mengembangkan sikap saling menghormati baik antara sesama muslim maupun terhadap saudara kita yang non muslim.

Pasar murah ini menjual kebutuhan pokok antara lain, mentega palmia sachet dari Rp. 4.500,- menjadi Rp. 4.000,- tepung segitiga biru dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 7.000,- bimoli 1 liter Rp. 15.000,- menjadi Rp. 12.000,- minyak goreng palmia Rp. 13.500,- menjadi Rp. 10.500,-. Kemudian gula pasir Rp. 12.500,- menjadi Rp. 10.500,- beras IR 64/10 kg dari Rp. 96.000,- menjadi Rp. 85.000,- beras 5 kg dari Rp. 50.000,- menjadi Rp. 43.000,- syrup kurnia Rp. 17.000,-/ botol menjadi Rp. 15.000,-/botol, jelas Bupati.

Selanjutnya Bupati menyebutkan bahwa sebentar lagi jalan tol akan dioperasikan, kita semua berharap dengan adanya jalan tol dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas. Oleh karenanya mari kita jaga keselamatan dan kita sayangi diri kita serta keluarga.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST berharap agar semua bahan pokok dapat disubsidi dan tentunya harus tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kita juga patut bersyukur karena pemerintah peduli terhadap masyarakat dan berharap agar pemerintah terus menjaga kestabilan harga pasar terutama bahan pangan,” katanya.

Sebelumnya Kadis Perindag Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menginginkan pasar murah ini bukan hanya ada di bulan puasa saja atau hari lebaran, akan tetapi dihari besar umat non muslim. Masyarakat tentunya sangat menginginkan harga bahan pokok yang ada di pasar lebih murah dibandingkan dengan harga yang dijual di toko.

Pada kesempatan tersebut Kadis Perindag menguraikan bahan kebutuhan pokok yang dijual di 17 kecamatan, antara lain beras sebanyak 65 ton, gula pasir sebanyak 13 ton, minyak goreng 13 K. Liter, tepung terigu 13 ton, mentega 13 ton, sirup 13.000 botol.

Adapun jadwal pasar murah ditiap kecamatan yaitu (6/6) di Kecamatan Bintang Bayu dan Serba Jadi, (7/6) di Kecamatan Silinda dan Kotarih, (8/6) di Kecamatan Dolok Masihul dan Tebing Tinggi, (9/6) Teluk Mengkudu dan Pegajahan, (13/6) Sei Rampah dan Sei Bamban, (14/6) Pantai Cermin dan Tanjung Beringin, (15/6) Dolok Merawan dan Sipispis serta (16/6) Tebing Syahbandar dan Bandar Khalifah, tukas Hj. Nina Deliana. (MCSergai)

245 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *