Bupati Hadiri Halal Bi Halal Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan

Perbaungan, MCSerdangbedagai.com

Mengawali rangkaian kegiatan halal bi halal Hari Raya Idul Fitri 1438 H di tingkat Kecamatan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya mengunjungi Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan, Senin (10/7).

Halal bi halal yang digelar di halaman kantor camat masing-masing ini turut dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, S.STP, Camat Pegajahan Sudaris, S.Sos, Muspika Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan, para Kades, TP PKK desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, jamaah pengajian serta ratusan masyarakat kecamatan.

Dalam sambutannya di Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bahwa halal bi halal selain bersilaturahmi juga sebagai pemersatu bangsa untuk menjaga kerukunan umat beragama. Oleh karenanya di Bulan Syawal ini mari kita saling memaafkan dan menjaga silaturahmi sembari berdoa memohon kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan Ramadhan dan Syawal tahun depan.

Senada dengan Bupati, Wabup Darma Wijaya juga menyampaikan “Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin”. Selain bersilaturhmi dalam kehidupan bermasyarakat kita juga harus bisa menjaga sikap saling menghormati terhadap sesama. Didalam lingkungan masyarakat maupun dikeluaraga hendaknya kita tanamkan sikap dan contoh yang baik terutama kepada anak. Hal ini bertujuan agar anak bisa hidup lebih baik lagi dan bersikap mandiri dan kelak bisa menjadi generasi penerus bangsa. Oleh karenanya Wabup Darma Wijaya menghimbau agar selalu memberikan pengawasan yang lebih kepada anak-anaknya agar menjadi jiwa yang beriman, disiplin dan tidak salah dalam pergaulan, pungkasnya.

Sebelumnya Camat Pegajahan Sudaris yang didampingi para Kades menyampaikan bahwa di Kecamatan Pegajahan ini ada beberapa kendala administrasi seperti pembuatan KTP, Akta maupun KK. “Oleh karenanya kami berharap terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar dengan segera membantu mengatasi kendala tersebut.

Menutup rangkaian tersebut, Ustadz Feri, S.Ag dalam siraman rohaninya mengatakan halal bi halal merupakan wadah menghalalkan perbuatan yang haram atau perbuatan salah. Sebelum lebaran tiba, seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa untuk mencapai kemenangan. Orang yang berpuasa adalah orang yang sedang berperang melawan hawa nafsu dan orang itulah yang pantas mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin.

Sedangkan Al-Ustadz Dauli Damanik, S.Ag dalam tausiyahnya mengemukakan bahwa Bulan Syawal merupakan bulan baik, maka dari itu maroilah kita saling maaf memaafkan dengan mengharap ridha Allah SWT agar kita menjadi manusia yang selalu bersyukur. (MCSergai/Indan)

199 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *