Bupati Sergai Halal Bi Halal Bersama Masyarakat Kecamatan Serbajadi dan Bintang Bayu

Serbajadi, MCSerdangbedagai.com
Masih di bulan Syawal 1438 H, Bupati Ir. H. Soekirman melakukan kunjungan silaturahmi dalam rangka Halal Bi Halal Idul Fitri bersama masyarakat Kecamatan Serbajadi bertempat di Kantor Camat Serbajadi, Selasa (25/7).
Turut hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH, Kabag Umum Setdakab M. Syafransyah Putra Nasution, SSTP, Kabag Kesra H. Nasrul Azis Siregar, S.Sos, Camat Serbajadi Drs. Zulkan beserta Muspika, APK PTPN 3 Sarang Ginting Juliandi P Silalahi, Majelis Kedatukan Serbajadi, penceramah Ustadz Heri Saputra Purba, Tokoh Pemuda M. Amin Malabar, UPT Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, tokoh adat, tokoh agama dan ratusan masyarakat Kecamatan Serbajadi.
Usai menyambut kedatangan Bupati Ir. H. Soekirman, Camat Serbajadi Drs. Zulkan didampingi Muspika dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat dan bahagia atas kehadiran Bupati beserta rombongan dalam rangka Halal Bi Halal Idul Fitri 1438 H hari ini.
Kecamatan Serbajadi yang terdiri dari 10 Desa ini cukup kompak bersaudara dengan berbagai Suku dan agama. Disampaikan Camat juga bahwa seluruh komponen masyarakat Kecamatan Serbajadi mendukung program pembangunan dari Pemerintah Daerah. “Mari melalui acara halal bi halal ini menjadi momen kita untuk mempererat silaturahmi dan saling bahu membahu bekerjasama dan bersama-sama bekerja agar menjadi lebih baik dan berguna bagi masyarakat banyak”, pungkas Camat Zulkan.
Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Serbajadi secara bergantian yaitu H. Sonyo, H. Sukirman dan Sarjono mengungkapkan rasa syukur dan doa atas kepemimpinan Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya, kiranya selalu amanah dalam memimpin masyarakat Kabupaten Sergai.
Diungkapkan mereka rasa bangga dengan adanya waduk yang telah dibangun oleh pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Pertanian semakin terjamin dengan adanya waduk tersebut.
Sementara itu untuk bidang pendidikan, diharapkan diperbanyak pembangunan sekolah agama seperti Madrasah disetiap desa dalam rangka pembinaan umat, harap para tokoh masyarakat Kecamatan Serbajadi.
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat membuka acara terlebih dahulu mengajak seluruh hadirin untuk selalu bersyukur karena masih dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari bencana alam seperti di daerah lain.
Lebih lanjut dikatakan Bupati bahwa tigas pemerintah adalah pemerintahan, pembangunan dan ke masyarakatan yang telah diatur oleh Undang-undang.
Terkait pembangunan yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat, diharapkan komitmen agar semua Kecamatan di Sergai masing-masing ada Madrasah.
Karena untuk pendidikan, khususnya keagamaan itu menjadi wewenang Kementrian Agama. Sedangkan untuk pendidikan umum menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten.
Terkait hal tersebut, segala hal yang terkait adalah wewenang dan urusan instansi terkait mulai dari pengalokasian anggaran, pembangunan, pengembangan, penempatan tenaganya serta yang lainnya.
“Pemerintah Daerah dapat membantu dalam hal pengusulan dan dukungan, merangkul dan mempromosikan kepada Kementrian Agama akan saya lakukan, karena bagaimanapun juga pendidikan agama sangat penting dan selalu jadi prioritas utama dalam pembentukan karakter anak dari perkembangan zaman”, terang Bupati.
Selanjutnya Bupati menghimbau untuk mewaspadai kesenjangan ekonomi yang dapat memicu perpecahan, penyalahgunaan narkoba, provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta terorisme dan radikalisme yang semakin marak saat ini, dan melalui pendidikan agama adalah salah satu langkah antisipasinya.
“Mari kita selamatkan keluarga dan saudara kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan dengan saling mempererat silaturahmi. Hal ini agar kita sebagai masyarakat tetap bersatu padu dalam mendukung pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan”, pungkas Bupati.
Menutup rangkaian acara, Ustadz Heri Saputra Purba menyampaikan siraman rohani bertema bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan bersyukur maka nikmat Allah akan bertambah.
Acara diisi dengan tepung tawar Calon Jemaah Haji asal Kecamatan Serbajadi serta penyerahan santunan kepada anak yatim/piatu yang berasal dari infaq Pegawai Kantor Camat Serbajadi serta masyarakat.

Halal Bi Halal Kecamatan Bintang Bayu

Usai mengunjungi Kecamatan Serbajadi, pada hari yang sama Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta rombongan melanjutkan Silaturahmi halal bi halal ke Kecamatan Bintang Bayu.
Dengan terlebih dahulu meresmikan Tugu Kampung KB, rombongan disambut hangat oleh ratusan masyarakat dengan tarian adat serta pemakaian ulos di Dusun I Desa Dolok Masango Kecamatan Bintang Bayu.
Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos didampingi Muspika dalam sambutannya menyampaikan kehormatan atas kehadiran Bupati beserta rombongan pada acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1438 H.
Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini agar terus berkelanjutan guna mendekatkan masyarakat dengan pemimpinnya.
“Doa dan dukungan dari masyarakat Kecamatan Bintang Bayu kepada kepemimpinan Bupati Ir. H. Soekirman dan Wabup Darma Wijaya dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera”, pungkas Camat Bintang Bayu.
Sementara Tokoh Masyarakat Bintang Bayu, S. Simarmata menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati karena telah mengunjungi masyarakatnya sebagai bukti kecintaan dan kedekatan pemimpin dengan rakyatnya.
Terkait infrastruktur, masyarakat mohon diperhatikan jalan menuju Kecamatan Serbajadi guna mempermudah transportasi masyarakat menuju Kecamatan lain, pungkas S. Simarmata.
Selanjutnya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan bahwa program pembangunan termasuk infrastruktur jalan akan dibangun secepatnya. Untuk itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan semua program pemerintah termasuk Kampung KB dan program pembangunan lainnya.
Lebih lanjut, Bupati mengajak masyarakat untuk bersatu dalam memerangi empat hal, yang pertama yaitu perang terhadap kesenjangan sosial, yang kedua perang terhadap provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Kemudian yang ketiga adalah perang terhadap radikalisme dan faham-faham yang mengarah kepada terorisme. Sedangkan yang ketiga adalah perang terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang semakin hari semakin mengkhawatirkan”, ajak Bupati.
Mari targetkan di Dolok Masango ini cita-citakan terlahir 1 rumah 1 sarjana, guna membangun desa yang Unggul, Inovatif dan Bertanggung Jawab. “Karena walaupun kita tinggal dikampung, tapi kita bukan orang yang kampungan, “, pungkas Bupati.
Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH, Kabag Umum Setdakab M. Syafransyah Putra Nasution, SSTP, Kabag Kesra H. Nasrul Azis Siregar, S.Sos, Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos, TP PKK, Muspika, Kades Dolok Masango Nasaruddin, penceramah Ustadz Mulkan Azima, tokoh adat, tokoh agama, dan ratusan masyarakat sekitar.

222 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *