Silaturahmi dengan Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI Wabup Sergai : Akreditasi Tingkatkan Semangat Pelayanan Kesehatan Yang Profesional

Tebing Tinggi, MCSerdangbedagai.com
Program Akreditasi Puskesmas yang dilaksanakan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) selain bertujuan meningkatkan akses fasilitas pelayanan kesehatan, juga berkomitmen dalam peningkatan kualitas fasilitas pelayanan kesehatan.
Dengan pelaksanaan Survey Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang direncanakan esok hari di Puskesmas Tanjung Beringin dan Puskesmas Dolok Merawan dengan hasil yang baik dan memenuhi persyaratan, maka hal ini menjadi tonggak awal Puskesmas terakreditasi di Kabupaten Sergai, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya pada acara Ramah Tamah dan Silaturahmi Pemkab Sergai dengan Tim Surveyor Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes RI bertempat di RM Bagelen Tebing Tinggi, Rabu (2/8) malam.
Turut hadir pada temu ramah tersebut Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM dan Gayo Melkior Gultom, SH, M.Kes, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes beserta jajaran, para Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas dan tenaga Kesehatan se-Sergai.
Lebih lanjut disampaikan Wabup Darma Wijaya bahwa Akreditasi adalah kemauan dari kita semua. Meski banyak kendala yang dihadapi, yang paling mendasar adalah faktor kemauan dan kedisplinan, namun kita harus menanamkan rasa memiliki kewajiban untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, terang Wabup.
Mengakhiri sambutannya Wabup Darma Wijaya berpesan kepada jajaran Dinas Kesehatan untuk terus semangat dan terus berjuang, karena keberhasilan yang didapat nantinya adalah bentuk kesungguhan dan bakti kita kepada masyarakat sebagai bentuk menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat, pungkas Wabup Darma Wijaya.
Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat atas kehadiran Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI, dan malam ini adalah sebagai bentuk sambutan dan kesiapan Puskesmas-Puskesmas di Sergai dalam hal pelaksanaan Survey Akreditasi yang akan dilakukan nantinya.
Dikatakan Kadis Kesehatan selanjutnya bahwa acara malam ini bertujuan menjalin silaturahmi sekaligus penguatan komitmen bersama Pemkab Sergai agar seluruh Puskesmas dapat terakreditasi dengan hasil yang memuaskan. Untuk Sergai sendiri saat ini memiliki 20 Puskesmas dengan perincian 5 Puskesmas Rawat Inap dan 15 lagi Non Rawat Inap.
“Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Sergai bahwa untuk tahun ini ditargetkan 6 Puskesmas yang terakreditasi. Sementara di 2018 kami targetkan 7 Puskesmas terakreditasi dan 7 Puskesmas lagi akan rampung terakreditasi di tahun 2019”, pungkas Kadis Kesehatan.
Pada kesempatan tersebut, Tim Surveyor FKTP Kemenkes RI drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM menyampaikan bahwa manfaat Akreditasi bagi masyarakat adalah meningkatkan tata kelola Puskesmas dalam penyelenggaraan upaya Kesehatan masyarakat serta mutu pelayanan dan keselamatan pasien.
Lebih lanjut disampaikan tim akan melaksanakan tugasnya selama 3 (tiga) hari dimulai hari ini hingga tanggal 4 Agustus 2017 dengan target penilaian pada telusur sistem Admen (Administrasi Manajemen), Usaha Kesehatan Perorangan (UKP), Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) termasuk didalamnya wawancara dengan pimpinan, telusur dan wawancara dengan tokoh masyarakat, peninjauan lapangan jika ada kegiatan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), keliling Puskesmas, pemeriksaan fasilitas, serta penyusunan laporan dengan rapat internal surveyor, terangnya.
“Diharapkan agar segala aspek yang dinilai dapat dipenuhi dan dipersiapkan dengan baik guna memenuhi harapan terakreditasnya Puskesmas yang dinilai, tukas Amin Kurnia.

Acara diisi dengan penandatanganan surat pernyataan dari Kepala Puskesmas dan Surveyor guna pelaksanaan survey yang akuntabel dan transparan. (MCSergai/Indan)

466 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *