Kementrian Kominfo Gandeng DPR RI dan Pemkab Sergai Gelar Pertunjukan Kesenian Rakyat

Perbaungan, MCSerdangbedagai.com

Guna menyampaikan informasi dan ajakan kepada masyarakat luas untuk tetap menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan bangsa serta mewaspadai dan bersikap bijak terhadap maraknya berita bohong atau yang biasa disebut hoax ditengah-tengah masyarakat, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Komisi I DPR-RI dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar pertunjukan seni serta dialog publik bertempat di Lapangan Segitiga Perbaungan, Jumat (8/12) malam.

Turut hadir hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Tenaga Ahli dari Ditjen IKP Kementrian Kominfo Pusat Hendrasmo, Presenter TV Swasta Nasional Prita Laura, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga, Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan AP selaku mewakili Bupati Sergai, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, Danramil 07/PB Kapten Arh JP Girsang serta ratusan masyarakat Sergai.

Tenaga Ahli Ditjen IKP Kementrian Kominfo Pusat Hendrasmo dalam saat membacakan sambutan Ditjen IKP Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan kemajemukan masyarakat Indonesia merupakan sebuah keistimewaan dan merupakan hasil dari peradaban bangsa yang sudah berjalan sejak lama. Hasil dari peradaban itulah yang kini membentuk karakteristik bangsa Indonesia yang majemuk atau multietnik dengan rasa pluralisme tinggi dalam kehidupan.

Untuk itu dialog publik ini dilaksanakan agar masyarakat setempat dapat memaknai pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan Bangsa demi terciptanya stabilitas keamanan.

Bila kita mencoba untuk konsisten dengan apa yang telah diajarkan sejarah kebangkitan nasional kepada kita tentang perlunya demokrasi, persatuan dan kesatuan maka persoalan politik, keamanan dan tergerusnya budaya bangsa akan segera selesai. Dan kaum muda yang cerdas dapat melihat fenomena globalisasi sebagaikekuatan pendorong untuk maju bagi dirinya dan masyarakat sekitar, pungkas Hendrasmo.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Meutya Hafid dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat melalui pertunjukan kesenian rakyat dan dialog publik ini untuk terus menjaga persatuan dan optimisme bahwa dengan rasa bersaudara kita ingin maju, kita ingin rukun, makmur, sejahteta serta kita ingin bermartabat. “Merajut kebersamaan dan merajut nusantara adalah tugas kita bersama dan apresiasi untuk seluruh warga Serdang Bedagai yang hadir pada acara malam ini” tukas Meutya.

Sementara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya yang diwakili Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan AP menyampaikan apresiasi atas terlaksananya acara pertunjukan Kesenian rakyat dirangkai dialog publik yang memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk mewaspadai dan menghindari hoax.

Disampaikan Ikhsan lagi bahwa Pemkab Sergai menghimbau kepada masyarakat agar mengakses berita melalui sumber yang dapat dipercaya, dalam hal ini Website Resmi Pemkab Sergai yaitu www.serdangbedagaikab.go.id yang menyediakan informasi terkait perkembangan pembangunan, kondisi masyarakat dan potensi daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Mari kita ciptakah kondusifitas dan berikan pendidikan terbaik untuk generasi penerus melalui berita-berita yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya agar kita jaga kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai NKRI, karena kita semua bersaudara, himbau Ikhsan menyampaikan pesan Bupati Soekirman.

Acara diisi dengan dialog interaktif bertema Merajut Nusantara, Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa oleh Meutya Hafid serta dipandu Presenter TV Swasta Nasional Prita Laura yang mengajak seluruh warga negara untuk mewaspadai berita bohong (hoax) yang dapat menyesatkan dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sedangkan untuk menghibur masyarakat, Duo Pedangdut jebolan D’Academy Rizki Ridho mengajak warga Sergai bergoyang dengan tembang andalannya.

Sergai adalah salah satu dari tiga daerah di Sumut yang menjadi lokasi digelarnya Pertunjukan Kesenian Rakyat yang dilaksanakan malam ini. Selanjutnya acara yang sama akan digelar di Deli Serdang pada Sabtu (9/12), serta Kotamadya Medan, Minggu (10/12). (MCSergai)

287 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *