SMKN 1 Pantai Cermin Gelar Uji Keahlian Kompetensi

Sei Rampah, Guna meningkatkan pengembangan keterampilan siswa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pantai Cermin melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bertempat di SMK Negeri 1 Pantai Cermin Kecamatan Pantai Cermin, Senin (18/2).

Kepala Sekolah SMKN 1 Pantai Cermin Sunarto, S.Pd mengatakan Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan setelah tahun lalu telah dilaksanakan kegiatan serupa pada tempat yang sama serta jurusan yang sama pula.

Kegiatan yang merupakan himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dilaksanakan selama 1 (satu) minggu mulai dari 18 s/d 22 Februari 2018 yang diperuntukkan bagi jurusan Perikanan, Perhotelan, Akuntansi dan Administrasi Perkantoran serta diikuti oleh 246 siswa SMK N 1 Pantai Cermin, ungkap Sunarto.

Pada kegiatan uji kompetensi tersebut turut didukung pelaksanaanya oleh pengawas eksternal yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Kecamatan serta Manajemen Theme Park yang memiliki kualifikasi yang telah ditentukan. Selain itu, turut menjadi pengawas dari pihak internal sekolah serta perwakilan Diknas Provsu.

Siswa dikatakan lulus uji kompetensi jika sudah melaksanakan uji kompetensi keahlian meliputi uji kompetensi praktik dan uji kompetensi teori. Uji kompetensi teori digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman siswa, sedangkan uji kompetensi praktik berfungsi untuk mengukur kemampuan siswa (DP SMK, 2012: 2). Persentase skor uji kompetensi praktik adalah 70% dan uji kompetensi teori sebesar 30%.

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (2012: 25), secara keseluruhan skor yang harus diperoleh siswa untuk lulus uji kompetensi yaitu minimal 6,0. Pelaksanaan uji kompetensi harus memenuhi standar perlengkapan dan peralatan dari DP SMK agar tidak ada masalah pada waktu pelaksanaan ujian. Salah satu perlengkapan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan uji kompetensi adalah verifikasi tempat pelaksanaan ujian. MC Sergai/vivi

539 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *