Pemkab Sergai Gelar Safari Ramadhan di 17 Kecamatan

FOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM foto bersama dengan unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekita pada acara Safari Ramadhan 1439 H /2018 M di daerah kunjungan masing-masing, Selasa (22/5) sore.

Sei Rampah, Memasuki hari ke-6 (enam) pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1439 H/2018 M, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Safari Ramadhan di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai. Kegiatan diawali dengan pelepasan Tim Safari Ramadhan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Selasa (22/5) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Kapolres AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, MH, Kajari Jabal Nur, SH, MH, Wabup Darma Wijaya, perwakilan Dandim 0204/DS, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kakan Kemenag Dr. H. Syafii, MA, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Mubaligh Dauli Damanik, S.Ag dan Sulaiman (Sule), S.PdI, Tokoh Masyarakat, serta para Jurnalis yang menjadi anggota Tim Safari Ramadhan. Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengajak seluruh yang hadir untuk bergembira menyongsong datangnya Ramadhan serta bersyukur atas kenikmatan dari Allah SWT hingga sampai saat ini.

Bupati menyampaikan tiga hal yang harus diingat yaitu pertama meski situasi keamanan yang selalu kondusif didaerah kita ini namun tetap dihimbau kepada masyarakat untuk menjaga kewaspadaan terhadap potensi radikalisme di lingkungan sekitar kita. Kedua, perihal permohonan bantuan untuk kemasyarakatan perlu disampaikan bahwa kondisi keuangan daerah yang termasuk sedikit sehingga akan dimanfaatkan maksimal melalui program BAZNAS Kabupaten Sergai.

Kemudian yang ketiga menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk bersilaturahmi memperkuat ukhuwah Islamiyah antara pemerintah dengan ulama dan masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat terhadap program-program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan, pungkas Bupati Soekirman. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 22, 24 dan 25 Mei 2018 dengan jumlah 276 orang yang akan mendatangi 51 Masjid di 17 kecamatan se-Sergai.

Adapun ke-17 Tim Safari Ramadhan tersebut yaitu Tim I dipimpin oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Tim II dipimpin Wabup Darma Wijaya, Tim III oleh Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Tim IV Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Tim V H. Karno, SH, M.AP, Tim VI M. Zuhry Lubis, SE, M.AP, Tim VII Radianto, SP, MMA, Tim VIII Ifdal, S.Sos, M.AP, Tim IX Drs. H. Akmal, M.Si, Tim X Misran, SE, Tim XI H. Dasril, SKM, M.Kes, Tim XII Suwanto Nasution, Tim XIII Syafrial Budi, SP, MP, Tim XIV Muhammad Aliuddin, SP, MP, Tim XV Drs. Dingin Saragih, Tim XVI Drs. Jhoni Walker Manik, MM dan Tim XVII Drs. Purba Siregar, M.Si.

Tim I Safari Ramadhan Kunjungi Masjid Al-Raudah Pantai Cermin

BINGKISAN: Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM tengah menyerahkan bingkisan kepada Kepala BKM pada acara Safari Ramadhan 1439 H /2018 M di daerah kunjungan masing-masing, Selasa (22/5) sore.

Usai pelepasan Tim Safari Ramadhan, Tim I yang dipimpin langsung oleh Bupati H. Soekirman mengunjungi Masjid Al-Raudah Dusun VI Desa Besar II Terjun Kecamatan Pantai Cermin dan disambut hangat oleh Camat Drs. Benny Saragih, MM beserta jajaran.

Turut tergabung dalam Tim I, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, MH, Kajari Jabal Nur, SH, MH, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, perwakilan Dandim 0204/DS, Kakan Kemenag Dr. H. Syafii, MA, Ketua MUI H. Lukman Yahya, tokoh agama Tokoh Sugeng Wanto, MA, tokoh masyarakat serta awak media.

Usai berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan shalat taraweh berjamaah serta diisi dengan siraman rohani dari pemuka agama. Dalam sambutannya Bupati Soekirman menyampaikan bahwa bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan dengan berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar. Bulan Ramadhan juga momentum untuk meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan, serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesama muslim.

“Itulah sebenarnya bulan suci Ramadhan yang tidak hanya sekedar ritual keagamaan saja, tetapi merupakan media untuk semakin mendekatkan diri pada allah SWT”, tukas Bupati Soekirman.

Tim II Safari Ramadhan Kunjungi Masjid Nurul Iman Dolok Masihul

Ditempat terpisah, Tim II Safari Ramadhan yang dipimpin Wabup Darma Wijaya mengunjungi Masjid Nurul Iman di Dusun I Desa Pertambalan Kecamatan Dolok Masihul. Turut serta dalam Tim II, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekwan DPRD Drs. Suprin, Staf Ahli Bupati Drs. Ramadhan, SH, Kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat .

Mengawali sambutannya Wabup Darma Wijaya mengemukakan bahwa terkait pembangunan, tahun ini jalan yang menghubungkan antara desa-desa  sepanjang 5,2 km akan di bangun dengan target realisasi sebelum tahun 2019, namun dengan terbangunnya jalan yang baru nantinya saya mengharapkan kepada para warga terkhusus orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya agar tidak memanfaatkan jalan yang baru di bangun kedalam perilaku negatif,” papar Wabup.

“Pada hakekatnya jalan yang akan segera di bangun ini bertujuan memperlancar serta mempermudah warga dalam bertransportasi, orang tua juga diharapkan dapat lebih mengawasi anak-anaknya sebab perkembangan teknologi selain mempermudah tetapi dapat menjerumuskan para penggunanya ke dalam lingkaran setan yang mungkin saja menghampiri anak kita atau warga di sekeliling kita,”ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Nizar Piliang dalam ceramahnya menyampaikan bahwa berkah Ramadhan bagi umat muslim yaitu saling bersilaturahmi antara sesama muslim, saling memaafkan. Agama Islam adalah agama yang rahmatanlilalamin,  maka dari itu Islam sesungguhnya bukanlah Terorisme seperti yang banyak di ucapkan belakangan ini. Islam mengajarkan umatnya agar menjadi adil dan baik dalam perilakunya, serupa dengan itu agar terciptanya daerah yang  berkah mesti ada pemimpin yang adil dan juga baik dengan adanya pemimpin yang baik maka daerah tersebut menjadi tentram dan damai, seperti yang kita harapkan bersama akan bermunculan pemimpin-pemimpin yang adil dan baik di Indonesia, kata Ustadz Nizar.

Tim III Kunjungi Masjid Nurul Huda Desa Gunung Para II Dolok Merawan

LEPAS TIM : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya bersama unsur Forkopimda tengah menyerahkan bingkisan kepada Ketua Tim XVI Safari Ramadah Drs. Jhoni Walker Manik, MM usai melepas Tim Safari Ramadhan bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (22/5) sore.

Sementara itu, Tim III Safari Ramadhan yang dipimpin Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM mengunjungi Masjid Nurul Huda Desa Gunung Para II Kecamatan Dolok Merawan. Turut serta dalam Tim III, Kepala BPKA H. Gustian, SE, MM, Ak, CA, Kabag Pemerintahan Muhammad Wahyudi, S.STP, Camat Dolok Merawan Rico Ebtian, S.STP,  Kabid e-Government Dinas Kominfo Mhd. Fadil Isa, S.STP, Mubaligh Dauli Damanik, S.Ag dan Faisal, S.PdI, BKM Nurul Huda Sahpin Batubara, tokoh masyarakat, Kades Gunung Para II Heri Kusmawan, tokoh agama serta jurnalis.

Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM dalam sambutannya menyampaikan salam kepada masyarakat Kecamatan Dolok Merawan dari Bupati dan Wabup yang pada saat bersamaan juga melakukan kunjungan Safari Ramadhan ke tempat yang lain di Kabupaten Sergai sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Tujuan kunjungan ini selain  bersilaturahmi juga untuk membangun komunikasi yang aktif antara pemerintah dan masyarakat guna menampung aspirasi masyarakat. Apresiasi terhadap suasana di Masjid Nurul Huda yang sampai saat ini terus ramai masyarakat yang beribadah, karena pembangunan fisik juga harus dibarengi pembangunan dalam bidang keagamaan agar hasilnya sesuai yang diharapkan, kata Hadi Winarno.

Guna mengambil hikmah bulan suci ramadhan, usai shalat tarawih ustadz Dauli Damanik menyampaikan tausiyah tentang kewajiban memakmurkan masjid bagi kaum muslim terlebih di bulan ramadhan. MC Sergai/vivi

236 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *