Perlu Terobosan Relevan yang Dapat Mengurai Permasalahan Pengangguran dan Perluasan Lapangan Kerja

SAMBUTAN : Wabup Sergai H. Darma Wijaya tengah menyampaikan sambutannya pada Upacara HKN Tahun 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (17/9) pagi.

Sei Rampah, Tenaga kerja merupakan masalah pokok yang harus dihadapi negara dan masyarakat. Ada beberapa hal yang menjadi keharusan dalam menangani masalah ketenagakerjaan, yakni bagaimana memperluas kesempatan kerja dan lapangan kerja serta meningkatkan mutu tenaga kerja.

Besarnya angkatan kerja dan pencari kerja tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia sehingga menimbulkan pengangguran maupun setengah menganggur dan apabila penanganan pengangguran ini tidak serius ditangani maka dampaknya akan terjadi masalah-masalah sosial lainnya. Untuk itu diharapkan adanya terobosan yang relevan yang dapat mengurai permasalahan pengangguran, perluasan lapangan kerja serta mutu tenaga kerja.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya dalam sambutannya pada Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat Administrator, Pengawas serta ratusan ASN bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (17/9) pagi.

FOTO BERSAMA : Wabup Sergai H. Darma Wijaya didampingi Asisten Admun H. Karno, SH, M.AP foto bersama dengan ASN yang memasuki masa pensiun disela-sela Upacara HKN Tahun 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (17/9) pagi.
TALI ASIH : Wabup Sergai H. Darma Wijaya didampingi Asisten Admun H. Karno, SH, M.AP tengah menyerahkan tali asih kepada ASN yang memasuki masa pensiun disela-sela Upacara HKN Tahun 2018 bertempat di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (17/9) pagi.

Lebih lanjut disampaikan Wabup bahwa Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sergai saat ini telah melakukan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja. Beberapa kegiatan keterampilan yaitu keterampilan Handycraf, elektronik, keramik, pijat refleksi, aksesoris membuat cenderamata dengan perhitungan bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan destinasi wisata yang pengunjungnya dari kehari semakin banyak dan tentunya akan menjadi pasar bagi pengrajin maupun UKM-UKM yang ada di Sergai.

Dikatakan Wabup Darma Wijaya bahwa hal yang tidak kalah penting adalah masalah hubungan industrial, ketenagakerjaan dan kemajuan perusahaan menjadi salah satu out put atau indikator hubungan industrial untuk menumbuhkembangkan peran Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit sebagai wadah ketenagakerjaan, pengusaha pekerja, dan pemerintah untuk mengakomodir inspirasi para pelaku produksi barang dan jasa. Selain itu juga berfungsi sebagai ujung tombak mencari jalan keluar setiap mermasalahan ketenagakerjaan (win-win solution) di Kabupaten Sergai, pungkas Wabup Darma Wijaya.

Disela-sela upacara diserahkan tali asih kepada ASN yang memasuki masa pensiun diantaranya Sumarni ASN pada Badan Kesbangpol, Surati Ningsih Guru pada SDN 106205 Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu, Wantina, S.Pd ASN pada Dinas Pendidikan dan Husnul ASN di Kantor Camat Tanjung Beringin.  MC Sergai/vivi

460 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *