Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018

Wabup H Darma Wijaya : Indikator Kecamatan Terbaik Adalah Sinergitas yang Baik Antara Pemerintah Kecamatan Dengan Seluruh Komponen Masyarakat

Teluk Mengkudu, Terdapat beberapa indikator penting dari Kecamatan Teluk Mengkudu sehingga layak untuk meraih predikat terbaik dalam lomba kecamatan terbaik tingkat kabupaten adalah terkait keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat dibidang pembangunan di desa, stabilitas keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat yang tinggi sehingga antara pemerintah kecamatan dgn seluruh komponen masyarakat mampu mewujudkan sinergitas yang baik. Demikian disampaikan Wabup Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya dalam sambutannya saat menerima Ketua Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Koni Ismail Siregar beserta rombongan di halaman Kantor Camat Teluk Mengkudu, Rabu (3/10).

Lebih lanjut disampaikan Wabup bahwa penilaian kecamatan ini bertujuan untuk menilai kemampuan para camat dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga dapat menguatkan kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam  pembangunan mulai dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan. Hal ini juga ditandai dengan meningkatnya kualitas dibidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik dan lingkungan hidup serta mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat kabupaten, ujrnya. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Sergai Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj. Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Sergai, Ketua  PKK Desa se-Kecamatan teluk Mengkudu, Anggota DPRD Sergai, Muspika Kecamatan Teluk Mengkudu, seluruh lapisan masyarakat se-Kecamatan Teluk Mengkudu.

Sementara itu Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP saat melakukan expose dihadapan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut mengemukakan bahwa Kecamatan Teluk Mengkudu memiliki moto  “Tertib, Aman dan Pelayanan yang Nyaman”. Selain itu juga memiliki sektor perekonomian dengan 3 (tiga) tipe geografis  yaitu pertanian/perkebunan, perdagangan dan perikanan serta kelautan. Selanjutnya dijelaskan Fahmi bahwa Kecamatan Teluk Mengkudu memiliki 12 desa dan 4 desa diantaranya berada di wilayah pesisir pantai yaitu Sialang Buah, Bogak Besar, Sentang dan Pematang Kuala yang mayoritas sumber mata pencaharian masyarakatnya bersumber dari hasil kelautan, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Koni Ismail Siregar mengapresiasi atas penyambutan yang istimewa. Penilaian ini juga sekaligus merupakan pembinaan serta proses babak penyisihan dari Kecamatan se-Sumut dan  nantinya akan menjadi 6 besar. Koni Ismail menambahkan bahwa garda terdepan dalam membantu tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat kecamatan adalah para Kades. Hal yang paling istimewa karena kerjasama yang baik antara para unsur Muspika Kecamatan Teluk Mengkudu dengan para Kades, PKK Desa dan seluruh lapisan masyarakat terlihat sangat kompak dan bersemangat sekali. MC Sergai/vivi

954 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *