Soekirman Hadiri Dialog Budaya Daerah “ Menuju Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan Daerah”

SERAHKAN LAPORAN : Bupati Sergai Ir H Soekirman tengah menyerahkan laporan kebudayaan kepada Dirjend Kebudayaan Kemendikbud Dr. Hilmar Farid disela-sela Dialog Budaya Daerah menuju Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan Daerah serta penyerahan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota Sumatera Utara (Sumut) dan Provinsi Aceh di Ballroom Hotel Four Points Medan, Kamis (4/10) malam.

Medan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri acara Dialog Budaya Daerah menuju Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan Daerah serta penyerahan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota Sumatera Utara (Sumut) dan Provinsi Aceh. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Four Points Medan, Kamis (4/10) malam. Hadir dalam dialog Dirjend Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dr. Hilmar Farid, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh Irini Dwi Wanti, SS, MSP, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan Wakil Bupati Tobasa Juang Sinaga, perwakilan Kepala Daerah (Kdh) lainnya, Kadis Pora Parbud Sergai Drs.Santun Banjarnahor dan jajarannya serta Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik beserta jajaranya.

MANGULOSI : Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama dengan Kdh lainnya tengah mengulosi Dirjend Kebudayaan Kemendikbud Dr. Hilmar Farid disela-sela Dialog Budaya Daerah menuju Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan Daerah serta penyerahan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota Sumatera Utara (Sumut) dan Provinsi Aceh di Ballroom Hotel Four Points Medan, Kamis (4/10) malam.

Dalam dialog tersebut Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Dr. Hilmar Farid mengemukakan bahwa pengumpulan pokok-pokok pikiran kebudayaan ini dalah dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya daerah dan menyusun rencana strategis pembangunan maupun pelestrian nilai budaya nasional. Untuk itu kami mengapresiasi para Kdh yang sudah menyerahkan laporannya hari ini, katanya. Di sela-sela acara tersebut juga dilakukan ritual budaya penyematan ulos kepada Dirjend Kebudayaan Hilmar Farid oleh para Kdh. Dari Provinsi Sumut terdapat 17 kabupaten/kota yang ikut serta dalam dialog. Acara juga diisi pertunjukan tari Melayu Serampang Duabelas dan pertunjukan tari Rafai Geleng dari Aceh.

Usai acara dialog, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa Kabupaten Sergai merupakan daerah yang memiliki multi etnis dan budaya yang heterogen. Harapan kami agar semua budaya baik dari etnis manapun di dalamnya dapat terus dikembangkan dan lestarikan. Pemkab Sergai telah menghimpun semua warisan budaya dan nilai budaya yang ada dan melaporkannya melalui laporan yang diserahkan pada hari ini kepada Dirjend Kebudayaan. Semoga melalui program pemerintah baik di tingkat nasional maupun daerah dapat memajukan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada, pungkas Bupati. MC Sergai/vivi

349 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *