Bupati Soekirman Harap Pelaku Kesenian Dorong Pelestarian Budaya Jawa di Daerah

Sei Rampah, Untuk menindaklanjuti Pokok – pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) dan kongres kebudayaan 2018 di Jakarta mendatang, diharapkan kepada pelaku kesenian agar mendorong pelestarian budaya Jawa di daerah karena pada acara tersebut akan diberikan secara simbolis penyerahan seperangkat alat kesenian sekaligus dirangkaikan dengan menanam padi raya di Dusun Darul Amam Desa Sei Bubuh Kecamatan Teluk Mengkudu pada tangga 31 Oktober mendatang.

Harapan tersebut disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat melakukan Penyerahan Alat Kesenian dalam rangka menindaklanjuti PPKD dan Kongres Kebudayaan 2018 di Jakarta kepada kesenian dan budaya bertempat di Rumah Dinas Bupati, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,  Jumat (26/10). Hadir dalam penyerahan tersebut Ketua Paguyuban Temu Kangen Beda Budaya Sergai H. Poniman, Pembina Kesenian Jawa, Kuda Kepang, Pembina Kebudayaan Campur Sari dan Ludruk Mas Gareng, Pembina Wayang Orang Mas Guntoro.

 Kebudayaan daerah dan Dinas Pora Parbud Sergai sudah menyerahkan PPKD bersama  Provinsi Sumut dan Aceh serta di dalamnya terdapat rancangan membangun budaya daerah serta  kongres kebudayaan di Jakarta. Kegiatan itu  akan dihadiri sekitar 50 ribu orng yang terdiri dari pelaku budaya, katanya. Paguyuban Temu Kangen akan tetap tumbuh dan berkembang di Sergai, dengan demikian diharapkan dapat melestarikan bahasa dan kebudayan Jawa di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, ungkap Bupati.

Sementara itu Pembina Wayang Orang Mas Guntoro  mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mendukung dalam menjalani dan melestarikan kebudayaan Jawa di Sergai serta berharap kepada seluruh pelaku seni agar berpikir jangka panjang dengan melakukan regenerasi pelaku seni, ujar Guntoro. MC Sergai/vivi

7 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *