Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2018 Tahap Final

Bupati Soekirman : Sergai Utamakan Persatuan dan Kesatuan Untuk Capai Kesejahteraan Masyarakat

Sei Rampah, Tujuan dari penilaian Kecamatan Terbaik ini dilaksanakan setiap tahun adalah sebagai alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja kecamatan sebagaimana yang diamanatkan dalan Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 17 Tahun 2018 yang mencakup tentang penyelenggaraan sebagian wewenang Bupati/Walikota yang dilimpahkan untuk melaksanakan sebagain urusan otonomi daerah, penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan penyelenggaraan tugas lainnya yang ditugaskan kepada Camat. Demikian dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat menghadiri acara Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahap Final Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (16/11).

Sekdakab Drs  Hadi Winarno, MM, Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Jumsadi Damanik, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Drg H Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP, M.AP beserta unsur Muspika, Pengurus PKK Kabupaten, Kepala Desa dan Ketua TP Desa se-Kecamatan Teluk Mengkudu, Manager PT Socfindo Matapao, pimpinan Lembaga Rehabilitasi Narkotika JOPAN Joni Panjaitan, SE, Ketua Karang Taruna Sergai Ahmad Sudiar, S.Ag, serta para undangan.

Dilain hal Bupati mengutarakan bahwa sehubungan dengan telah dijalinnya MoU antara Pemkab Sergai dengan PT KAI yang akan ada kereta wisata untuk membawa masyarakat berwisata di kabupaten Sergai. Dengan rencana dibukanya rute  Kereta api wisata tersebut diprediksi akan banyak wisatawan yang naik kereta api dari Medan dan mengunjungi wisata Sergai terutama wisata pantai yang indah.

Untuk itu kepada pihak desa dan UKM agar bersiap dalam segala hal guna menyambut kunjungan wisatawan tersebut diantaranya menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan yang akan menjadikan Sergai sebagai destinasi wisata yang patut diperhitungkan, nyaman, aman dan berkesan sehingga wisatawan akan kembali datang lagi ke Tanah Bertuah Negeri Beradat, kata Bupati.

Kepada Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu, dapat dilihat disini bahwa Sergai mengutamakan persatuan dan kesatuan, karena kalau kita satu hati dan satu tujuan, maka insha Allah kita akan .mudah mencapai kesejahteraan masyarakat. “Semoga nantinya Kecamatan Teluk Mengkudu yang mewakili Kabupaten Sergai dalam Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu ini dapat menjadi yang terbaik serta menjadi kebanggaan dan percontohan dari daerah lain se-Sumut,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provsu Jumsadi Damanik menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian Kecamatan Teluk Mengkudu pada penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2018 ini dan telah masuk 6 besar. Sebagai bentuk penghargaan, 6 Besar Kecamatan Terbaik ini nantinya akan berangkat ke Banyuwangi dalam rangka sharing ilmu pengetahuan tata kelola daerah pedesaan dan kecamatan.

Kami ingin melihat inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Kecamatan Teluk Mengkudu yang bermanfaat langsung kepada masyarakat. Selain itu juga penilaian atas kepemimpinan Camat didukung Ketua TP PKK Kecamatan dalam memimpin daerahnya menjadi bagian penting dalam melengkapi penilaian. Titik beratnya adalah bagaimana proses pembangunan mulai dari, perencanaan, pelaksanaan hingga pembangunan dilaksanakan dengan menyertakan peran dari berbagai unsur masyarakat serta stakeholder lainnya. Selain itu pembentukan BUMDes menjadi sangat penting dalam memaksimalkan pengalokasian dana desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Kami melihat bahwa Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan sangat diterima dan didukung oleh seluruh komponen masyarakatnya. Hal ini sangat positif dan menjadi penilaian yang baik secara keseluruhan. Selanjutnya kami akan melakukan pembahasan pada tahap selanjutnya dan semoga pencapaian Kecamatan Teluk Mengkudu dapat melangkah lebih jauh lagi, kata Jumsadi Damanik.

Dalam eksposenya, Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi, S.STP, M.AP menyampaikan beberapa program unggulan sesuai motto Kecamatan Teluk Mengkudu TAMPAN (Tertib Administrasi, Aman, Pelayanan Nyaman) antara lain pelaksanaan Gerai PATEN dipelosok desa agar memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan ataupun lainnya. Kemudian program peduli keamanan dan tanggap bencana ada pada kegiatan yaitu PETERPAN (Pengendalian Ketentraman, Ketertiban dan Penanggulangan Bencana) melalui penguatan FKPM.

Selanjutnya Sister Nobar (Siskamling Terpadu Nongkrong/Ngopi/Nonton Bareng) dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan stabilitas daerah melalui silaturahmi. Tim Sisir PBB secara intensif hadir ke rumah-rumah warga guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu juga kegiatan-kegiatan sosial keagamaan, Keluarga Berencana (KB), gotong royong, serta kegiatan kemasyarakatan lainnya yang selalu aktif dan berkesinambungan untuk  mencapai visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Diakhir paparan M Fahmi menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati, Wakil Bupati beserta unsur pemerintah atas dukungannya, serta kepada Muspika dan masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu yang telah bersatu padu bekerja keras mendukung terciptanya Kecamatan Teluk Mengkudu menjadi Kecamatan Terbaik di Provinsi Sumatera Utara. Sama halnya dengan Camat M Fahmi, Ketua TP PKK Kecamatan Teluk Mengkudu Ny Rini Mulia M. Fahmi dalam paparan eksposenya mengedepankan pelaksanaan kegiatan Tim Penggerak PKK melalui Pokja, guna meningkatkan kepedulian, pemberdayaan dan memantapkan partisipasi dan peran kelembagaan keluarga dan masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK. MC Sergai/vivi

707 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *