Sergai Gelar Sosialisasi Roadmap RB

Bupati Sergai Ir H Soekirman : Pelaksanaan RB Miliki Peran Penting Dalam Mendukung Pembangunan Nasional dan Daerah

Sei Rampah, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Keberlanjutan pelaksanaan RB memiliki peran penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Demikian sambutan tertulis Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman yang dibacakan Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM saat membuka Sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemkab Sergai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (19/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ketatalaksanaan Biro Organisasi Setda Provsu A. Yazid Matondang, S.Sos, para Asisten Sergai, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat se-Sergai. Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa pelaksanaan RB di Kabupaten Sergai pada periode 2013-2017 menjadi dasar bagi pelaksanaan RB pada tahapan selanjutnya. Oleh karenanya pelaksanaan RB 2017-2022 merupakan penguatan dari pelaksanaan RB pada periode sebelumnya.

Percepatan pelaksanaan kegiatan pada 8 area perubahan RB yang terdiri dari pertama manajemen perubahan, kedua penguatan pengawasan, ketiga penguatan akuntabilitas, keempat penguatan kelembagaan, kelima penguatan tatalaksana, keenam penguatan sistem manajemen SDM ASN, ketujuh penguatan peraturan Perundang-undangan dan kedelapan peningkatan kualitas pelayanan publik, kata Bupati.

Dijelaskan Bupati bahwa di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, penguatan RB dilakukan melalui langkah-langkah antara lain memelihara dan meningkatkan area perubahan yang sudah baik dan mengalami kemajuan seperti area perubahan pelayanan publik, pengawasan, tata laksana dan SDM. Melanjutkan upaya-upaya perubahan melalui upaya untuk melanjutkan langkah-langkah positif sedang berlangsung. Kemudian mengidentifikasi permasalahan baru dan mencari solusi pemecahannya dan memperluas cakupan pelaksanaan RB pada aspek-aspek yang belum tersentuh.

Sedangkan tujuan akhir dalam lima tahun kedepan diharapkan melalui RB pemerintah sudah beranjak ke tahapan pemerintahan yang berbasis kinerja dan pada tahun 2025 diharapkan pemerintahan sudah beranjak pada tatanan pemerintahan yang dinamis, pungkas Bupati. Sementara itu Kabag Ketatalaksanaan Biro Organisasi Setda Provsu A. Yazid Matondang, S.Sos menyambut baik digelarnya sosialisasi ini dan berharap agar SAKIP Kabupaten Sergai yang telah memperoleh nilai “B” dari Kemenpan RB, kedepannya dapat ditingkatkan lagi. MC Sergai/vivi

190 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *