Wagubsu Buka Festival Sungai Bah Bolon Sergai Tahun 2018

*Pengurus FAJI merupakan orang berdedikasi terhadap lingkungan dan alam sekitar

Sipispis, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman  yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)  Sumatera Utara menghadiri acara Festival Sungai Bah Bolon Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula DESR-I Komplek PTPN III Gunung Pamela Desa Bulu Duri Kecamatan Sipispis, Sabtu (8/12).

Acara yang dibuka oleh  Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Wagubsu) H Musa Rajekshah turut dihadiri Manajer PTPN III Gunung Pamela Seno,  Kadis Pemuda dan Olahraga Provsu Bahar Siagian, para Kepala OPD Sergai,  Ketua Koni Sumut Jhon Ismadi,  Kepala Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan,  mewakili Dandim 0204/DS   Camat Sipispis, seluruh Korwil Pendidikan  se-Sergai.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Sergai H Soekirman mengemukakan bahwa kami masyarakat Sergai mengucapkan terimakasih  kepada Gubsu dan Wagubsu yang  telah membangun daerah Sergai terutama mengaspal akses jalan mulai dari Tebing Tinggi hingga Kabupaten Simalungun sehingga kami dalam mengendarai kendaraan tidak lagi mengalami kesusahan.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Gubsu yang telah menerima audiensi jajaran FAJI  pada hari senin lalu  tanggal 3 Desember 2018  di ruang kerjanya.

” Kami pengurus FAJI Sumut bukan hanya diterima namun kami juga di jamu olah bapak Wagubsu dengan begitu istimewa, mudah-mudahan kesemua itu menjadi kerjasama yang baik,” kata Bupati.

Selanjutnya H Soekirman menyampaikan bahwa orang yang duduk di organisasi Arung Jeram haruslah cinta kepada sungai dan cinta kepada mata air serta cinta kepada alam,  pohon dan hutan sebab dari sana lah asal sebuah mata air. 

Pengurus FAJI itu merupakan orang yang berdedikasi terhadap lingkungan dan alam sekitar sebab seorang pengurus FAJI tidak akan bisa tenang jika melihat ada air yang tercemar, terang Bupati.

Lebih lanjut dikemukakan Soekirman bahwa organisasi FAJI adalah orang -orang yang empati dan simpati terhadap orang-orang yang susah dan tertimpa musibah,  terbukti ketika terjadi  banjiran dan longsor kami turut  membantunya.

” FAJI tidak boleh ego,  FAJI harus bermain tim,  karena jika kita ingin menaklukan jeram kita  harus bekerja bersama dan bekerja tim. FAJI harus sehat jasmani dan rohani,” ujarnya.

Sementara itu Wagubsu H Musa Rajekshah mengucapkan rasa syukurnya karena telah sampai di lokasi. Kalau bukan karna pak Soekirman dan FAJI saya mungkin belum sampai disini, ungkapnya.

Diutarakan Wagubsu bahwa pada Tahun 2019  prestasi olah raga kita harus meningkat dan FAJI adalah salah satu cabang olahraga yang diperebutkan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Oleh karenanya, pada kesempatan tersebut Wagubsu menyampaikan bahwa olahraga Arung Jeram sangat memanfaatkan aliran sungai dan aliran sungai kita sangat banyak sekali,  bagai mana dari sebuah olahraga dapat meningkatkan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk hadir mengunjungi daerah kita.

Dalam sebuah kunjungan seorang wisatawan pasti banyak membawa dampak positif yang utama adalah kemajuan nilai ekonomi sebuah daerah yang di kunjungi para pewisata, papar Wagub.

Sedangkan Ketua Panitia Drs Joni Walker Manik,  MM melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Desember 2018 dalam rangka menuju PON.

Kejuaraan daerah (Kejurda)  yang menuju PON ini di ikuti oleh 16 tim yang terbagi kedalam Pencab Medan 6 tim,  Pencab Deli Serdang 2 tim dan Pencab Sergai 5 tim,  Pencab Asahan 1 tim,  Pencab Tebing Tinggi 1 tim serta  Tobasa 1 tim.

Jenis Kejurda FAJI kali ini adalah  R-6 open Putra dan Putri.  Sebelumnya kami FAJI Sumut telah memberangkatkan atlet kami mengikuti kejuaraan di Abu Dhabi dan di Jepang, pungkas Joni.

Di akhir acara dilakukan Deklarasi Save Our Rivers Sumatera Uatara Indonesia Tahun 2018. Wagubsu bersama Bupati Sergai membubuhkan tanda tangannya pada sebuah foster deklarasi berisikan tentang penolakan dengan keras atas kegiatan eksploitasi sungai yang merusak kelestarian lingkungan.

Menolak dengan keras kegiatan perusakan lingkungan sungai yang dilakukan oleh industri dan masyarakat serta akan mengamankan dan mendampingi masyarakat dalam pelestarian sungai

Menuntut Pemerintah untuk memberikan perlindungan kelestarian sungai melalui penegakan Undang-Undang pelestarian lingkungan hidup.  Siap mendukung serta mendampingi program pelestarian sungai dan lingkungan yang akan dilakukan pemerintah.

Serta dirangkaikan dengan Rafting yang dilakukan oleh Wagubsu, Bupati Sergai Ir H Soekirman,  Ketua KONI Sumut serta para OPD terkait. (MCSergai/Ind).

356 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *