Perayaan Natal  Sergai Tahun 2018 Berlangsung Khidmat dan Meriah

*Perdamaian dan Persaudaraan Menjadi Modal Dalam Melanjutkan Pembangunan Daerah 

Sei Rampah, Damai Natal hendaknya meliputi seluruh masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) karena kita semua bersaudara. Saya sampaikan rasa terimakasih dan apresiasi bahwa Panitia Natal tahun ini menunjukkan kemeriahan dan kepedulian kepada masyarakat. Disela-sela perayaan Natal hari ini seperti momen spesial pemberian bantuan kepada ibu Manurung yang cukup mengharukan.

Demikian sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman yang didampingi Forkopimda saat acara Perayaan Natal Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Minggu (9/12).

Selain Bupati beserta Forkopimda hadir juga Asisten Pemum, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, ASN, Pengkhotbah Pdt. Joko Prihanto, M.Th, musisi Jack Marpaung, anggota DPRD, unsur TNI-Polri, para Pendeta, Sintua, Pengurus BKAG/BAMAGNAS, tokoh masyarakat Edwin Pamimpin Situmorang, Pimpinan Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, serta ribuan umat Kristiani se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa masih banyak orang tua tidak mampu seperti ibu Manurung yang menerima bantuan dari panitia Natal, namun perbandingan orang mampu dan orang tidak mampu sebenarnya sangat signifikan. Kalau satu orang kaya bisa mengangkat satu orang miskin, maka diyakini akan habis masyarakat miskin di Kabupaten Sergai ini, permasalahan belum kompak dan kesadaran yang menjadi kendala.

Disinilah dibutuhkan kekompakan dan ikatan persaudaraan yang kuat diantara kita, meski berbeda keyakinan hendaknya tidak menjadi penghalang bahwa perdamaian dan persaudaraan akan menjadi modal kita melanjutkan pembangunan di daerah kita ini, kata Bupati.

Tema Yesus Kristus Hikmat pada perayaan Natal hari ini bagi kita akan menjadi penyemangat nomor satu bagi masyarakat Kristiani. Mari kita tetap bersatu padu menjaga persatuan, kekompakan dan persaudaraan terutama mendekati gelaran Pemilu tahun depan yang semakin dekat.

Mari tingkatkan perdamaian serta pembangunan dengan bergotong royong, perbedaan pilihan tidak menjadi masalah, yang penting “Tondi” kita tetap terikat erat, ujarnya.

Kemudian terkait korban penembakan KKB di Papua kemarin yang salah satunya adalah warga Sergai atas nama Almarhum Jefry Simaremare, disampaikan rasa duka cita dan prihatin dari Pemkab Sergai kepada keluarga korban. Bahwa seharusnya almarhum pulang untuk merayakan Natal, namun Tuhan berkehendak lain. Tapi kami bangga bahwa almarhum adalah salah satu pahlawan pembangunan Papua, dan menjadi momen untuk kita agar tetap bersatu padu dalam persaudaraan.

Sedangkan Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar ST juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kompaknya masyarakat di Kabupaten Sergai yang selalu bersatu menjaga kekondusifan daerah seperti pada momen perayaan Natal hari ini.

Kiranya momen ini yang ditandai aksi kepedulian kepada masyarakat tidak mampu tersebut akan semakin memperkuat tali silaturahmi antar umat beragama di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, papar Ketua DPRD.

Sedangkan Ketua Panitia Natal Pemkab Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes melaporkan bahwa Natal tahun ini adalah Natal Bersaudara, kita akan mengikis pola fikir masyarakat zaman dahulu yang tidak baik kepada Aparat Pemerintahan agar pada momen Natal ini semua menjadi jauh lebih baik.

Pada perayaan Natal tahun ini, Bupati, Wabup beserta Forkopimda serta Bank Sumut, BNI dan Mandiri memberikan partisipasinya berupa bingkisan kepada para hadirin dan Pendeta sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

Thema perayaan Natal tahun ini adalah : “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (1 Korintus 1:30a). Sedangkan Sub Thema : Kelahiran Yesus Kristus Menjadi Inspirasi, Semangat dan Keberanian Melakukan Revolusi Mental, sehingga Serdang Bedagai menjadi Lebih Unggul dan Inovatif”.

Dalam rangka merayakan Natal tahun ini, panitia Natal Kabupaten Sergai melaksanakan dua rangkaian kegiatan yaitu pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dirangkai pemberian tali asih di Kecamatan Sei Bamban, serta kegiatan bedah rumah tidak layak huni kepada masyarakat tidak mampu di Kecamatan Teluk Mengkudu. Kegiatan tersebut bertujuan mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia serta berbagi kasih dengan saudara disekeliling kita, ungkap  dr Bulan.

Sama halnya dengan perwakilan Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) Sergai Pdt BS Situmorang, MM yang mengutarakan bahwa acara ini terselenggara berkat dukungan semua pihak yang memberikan sumbangsihnya.

Saat ini masyarakat Sergai hidup dalam keamanan dan kesejahteraan berkat kerja semua pihak dari pemerintah daerah, pihak keamanan serta seluruh masyarakat Sergai.”Semoga berkat dan hikmat Natal menaungi daerah ini nantinya”, harapnya.

Warga Kristiani bertekad akan terus mendukung program pembangunan oleh Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya serta mensukseskan ajang Pemilu pada tahun depan karena hal tersebut adalah perintah Tuhan guna memilih perwakilan kita untuk mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Tokoh Masyarakat Kristiani Sumut Edwin Pamimpin Situmorang yang merupakan mantan Jaksa Agung Muda Bidang Intelejen periode tahun 2010-2012 lalu menyampaikan apresiasi atas sangat baiknya toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sergai, terutama kerjasama yang baik dengan TNI-Polri serta pihak lainnya sehingga masyarakat Sergai khususnya umat Kristiani dapat hidup damai berdampingan dengan umat beragama lainnya . Kasih, pengorbanan dan berbagi pada Natal ini akan menjadikan masyarakat Sergai yang unggul, kompak dan bersaudara dalam membangun daerah tercinta ini.

Menutup rangkaian kegiatan Natal diisi dengan khotbahnya, Pdt. Joko Prihanto, M.Th menyampaikan dengan tema Natal hari ini “Yesus Kristus Hikmat bagi Kita semua” (1 Korintus 1: 3a) kita merayakan Natal tahun ini dengan kegembiraan dan kesederhanaan serta peduli kepada sesama. Pengaplikasian revolusi mental melalui sub Thema hari ini akan menjadikan Kabupaten Sergai yang Unggul dan Inovatif, tukasnya.

Perayaan Natal Pemkab Sergai semakin khidmat dan meriah dengan lantunan suara musisi Jack Marpaung diiringi koor lagu-lagu pujian serta paduan suara, dirangkai kegiatan pemberian tali asih, penyerahan bantuan bedah rumah secara simbolis, dan pemberian hadiah kepada pemenang Pesparawi Tahun 2018 yang dilaksanakan pada Sabtu (8/12) kemarin. (MCSergai/Ind).

297 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *