Sergai Peringati HKN ke-54 Tahun 2018

Menkes RI : HKN Sebagai Momentum Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Setinggi-tingginya

Pantai Cermin,Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Demikian sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, SP.M (K) yang dibacakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman pada Peringatan HKN ke-54 Tahun 2018 bertempat di Aula Objek Wisata Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (13/12).

Turut hadir para Asisten, Staf Ahli Bupati,  mewakili Dandim 0204/DS dan Polres Sergai, Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas, jajaran Dinas Kesehatan, serta para undangan lainnya.

Dikatakan Menkes bahwa kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No. 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Menkes juga mengajak seluruh insan kesehatan baik di tingkat daerah agar menjadikan HKN ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur.

“ Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat kemandirian dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing,” ajak Menkes RI.

Usai membacakan sambutan Menkes RI, Bupati Sergai Ir H Soekirman menambahkan bahwa sehat bukan hanya fisik, namun manajemen kita juga harus sehat. Atas nama jajaran Pemkab Sergai saya mengucapka selamat HKN Tahun 2018.

Dilain hal disampaikan Bupati, bahwa di semua lini untuk menutup jurnal keuangan setiap akhir bulan agar pada akhir tahun kita menyelesaikan laporan keuangan tahunan. Intinya, sehat administrasi yang utama, kemudian tertib program serta tertib pertanggungjawaban yang tak kalah pentingnya untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Jika fikiran sehat karena segala administrasi teratur, maka Insha Allah badan juga akan sehat karena fikiran jernih dan tenang. Dan bersih itu harus jernih, ibarat air sungai yang mengalir, walau banyak sampah dan kotoran, perlahan akan terhapus dengan aliran jernih air sungai tersebut,” ujar Bupati.

Bupati Soekirman menghimbau menjelang ajang Pemilu tahun 2018 nanti agar ASN tetap menjaga netralitas, kepada masyarakat untuk tetap fokus menjalankan aktivitas dan pekerjaan serta menentukan pilihan sebebas-bebasnya, namun meski pilihan berbeda kita tetap bersaudara, pungkas Bupati.

Sementara itu Ketua Panitia dr. Bulan Simanungkalit, M. Kes menyampaikan laporannya bahwa kegiatan Peringatan HKN ke-54 Tahun 2018 ini dirangkai dengan kegiatan Kampanye Kesehatan Pada Usia Produktif  bertema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita.

Sebelum kegiatan berlangsung, terlebih dahulu dilaksanakan jalan sehat dan senam bersama Bupati dan jajaran Dinas Kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, serta ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada tokoh-tokoh inovatif bidang kesehatan dan hadiah kepada pemenang perlombaan dalam rangka menyambut HKN ke-54 Tahun 2018. (MCsergai/Nrl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *