Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Sergai Tahun 2018 Diapresiasi Bupati

Bupati Sergai Ir H Soekirman : Meski guru bukan orang hebat, namun semua orang hebat berhutang budi kepada Guru

Pantai Cermin, Saya sampaikan rasa apresiasi dan rasa bangga kepada dunia pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebab meski banyak rintangan, show must go on, semua program tetap harus dan terus berjalan dengan baik.

Hal ini terbukti dengan terlaksananya kegiatan penghargaan ini sebagai bukti tidak percuma didengungkan pekik “Pendidikan Serdang Bedagai, INOVASI !!.

Demikian diungkapkan Bupati Sergai Ir H Soekirman pada acara malam Anugerah Inovasi Pendidikan Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula objek wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Sabtu (14/12) malam.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa kegiatan  malam ini menjadi satu monumental penambah ilmu pengetahuan bagi kita semua. “Momen inilah menjadi tonggak kemajuan Kabupaten Sergai, meski guru bukan orang hebat, namun semua orang hebat pasti berhutang Budi kepada Guru,” kata Bupati.

Tak lupa juga disampaikan apresiasi oleh Bupati  atas tari penyambutan dan pertunjukan tari dan lagu Pembukaan Asian Games 2018 berjudul “Meraih Bintang” yang luar biasa dibawakan oleh siswa SMP, bahwa semua prestasi itu akarnya ada pada guru sebagai pembimbing.

Dilain hal, terkait dengan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran  (DIPA) yang telah diberikan kepada kita, bahwa semua kegiatan untuk tahun 2018 pada 2 Januari harus sudah diproses, untuk itu mulai sekarang kita harus fokus untuk kerja dan raih prestasi. Program pembangunan peningkatan SDM dan kebudayaan menjadi salah satu fokus Pemerintahan Jokowi-JK, dan guru adalah objek yang paling potensial untuk ditingkatkan, imbuhnya.

Sehubungan dengan bantuan dari Pusbang Film Kementrian Pendidikan RI, kepada para guru jika mempunyai kemampuan membuat cerita film, mulai sekarang kita telah memiliki peralatannya, maka manfaatkan semua yang telah kita terima dengan sebaik-baiknya.

Dikemukakan Bupati bahwa anak Sergai bisa jadi memang anak kampung, namun kemampuan dan prestasinya bukan kelas kampungan, banyak yang telah meraih prestasi mendunia.

Oleh karenanya, kepada para pemenang Anugerah Inovasi Pendidikan, diminta untuk meningkatkan prestasi lagi ke level selanjutnya. Sedangkan untuk yang belum menang agar tetap semangat dengan menerapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari sekolah yang unggul agar dapat mereplikasi yang telah berhasil dan bergerak cepat memajukan kualitas di sekolah masing-masing, pinta Bupati.

Jika dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan muncul juara-juara baru dengan inovasi-inovasi baru pula. Karena Dinas pendidikan adalah wajah daerah, kalau anak Sergai pintar dan cerdas, maka yang akan bangga tentu kita semua masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada jajaran Dinas Pendidikan agar program Gerappah dilanjutkan, dan GCL disempurnakan, pungkasnya.

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman hadir juga dalam kegiatan perwakilan Pusbang Film Kementrian Pendidikan Kasubdit Kearsipan Espita Riama beserta Didik Indrawan, Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi X Wahyudi, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Camat Pantai Cermin Drs. H Benny Saragih, MM, motivator dan seniman muda Rani Jambak, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA sederajat, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta Siswa SD/SMP se-Kabupaten Sergai.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs Joni Walker  Manik, MM dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini adalah puncak rangkaian Hari Guru Tahun 2018 serta sebagai ungkapan terimakasih kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Sergai.

Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah guna meningkatkan efesiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas sekolah, mengejar ketertinggalan yang dihasilkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi, mengusahakan terselenggaranya pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah, serta memberikan motivasi kepada Kepala Sekolah untuk bertugas lebih baik lagi.

Latar belakangnya adalah keberangkatan belajar sanitasi di Jambi beberapa waktu yang lalu menjadi tonggak terbentuknya Gerappah sebagai Gerakan peduli lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah dengan konsep Green, Clean, and Life (GCL) yang artinya dengan lingkungan sekolah yang hijau dan bersih akan memunculkan nilai kehidupan yang inspiratif.

Kita buktikan semua dengan karya nyata, bukan kata-kata karena termotivasi dari himbauan dan bimbingan Bupati dan Wakil Bupati yang menjadikan kami terinspirasi guna memberikan apresiasi kepada masyarakat pendidikan di Kabupaten Sergai.

Secara khusus disampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wabup beserta jajaran serta masyarakat pendidikan di Sergai atas dukungannya selama ini hingga prestasi telah banyak kita raih bersama. “Akhir kata, dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi seluruh stakeholder di satuan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sergai”, papar Kadis Pendidikan.

Dengan kategori penilaian meliputi inovasi tata laksana manajemen sekolah, administrasi pembelajaran, penataan lingkungan serta pelaksanaan literasi di sekolah, pemenang masing-masing kategori berikut antara lain Anugerah Inovasi Pendidikan Jenjang SD nominasinya adalah Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran Jenjang SD diraih oleh SDN 106224 Kerapuh

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah Jenjang SD diraih SDN 104235 Kampung Manggis.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah Jenjang SD diraih SDN 104325 Kampung Manggis.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah Jenjang SD diraih oleh SDN 108293 Perbaungan.

Selanjutnya Anugerah Inovasi Pendidikan Jenjang SMP nominasi adalah  Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran Jenjang SMP diraih oleh SMPN 3 Perbaungan.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin.

Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin.

Kegiatan diisi dengan penampilan motivator muda Rani Jambak dengan membawakan lagu berjudul “Nature” yang mengajak orang-orang untuk peduli lingkungan dan mengurangi pemakaian sampah plastik, ditandai dengan penyerahan sedotan berbahan stainless steel kepada Bupati Soekirman dan  Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik yang dapat dipakai berulang-ulang sehingga tidak perlu memakai sedotan plastik lagi yang akan menambah banyaknya sampah plastik.

Sebelumnya, pada siang hingga sore harinya dilaksanakan talk show, peluncuran dan bedah buku “Sekolah Hijau” karya Joni Walker Manik dan Agus Marwan, serta pemutaran film pendek dari Pusat Pengembangan Film Kementrian Pendidikan RI yang dihadiri oleh sekitar seribu orang dari unsur guru dan masyarakat. (MCSergai/Ind).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *