Sergai Tuan Rumah Pra Kongres Sungai Indonesia Tingkat Provinsi Sumut

Kondisi Sungai Sei Rampah

Sei Rampah,

Dalam rangka menuju Pra Kongres Sungai Indonesia (KSI) yang akan diselenggarakan besok, Kamis 14 Maret 2019, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan menjadi salah satu tuan rumah Pra-KSI tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Demikian disampaikan Kadis Kominfo H Ikhsan, AP sesuai keterangan dari Kepala BAPPEDA Ir. Hj. Prihatinah, M.Si ketika dihubungi melalui sambungan seluler di Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu(13/3).

 Dikatakan Ikhsan bahwa Kabupaten Sergai memiliki 24 sungai yang terdiri dari 3 sungai besar yang strategis nasional diantaranya Sungai Ular, Sungai Padang dan Sungai Belutu yang harus dijaga kelestariannya.

KSI ini akan digelar pada 21-24 Maret 2019 mendatang dan merupakan salah satu upaya penyelamatan dan peningkatan kualitas sungai yang ada di seluruh Indonesia, selain itu juga melalui KSI mencoba mencari bentuk penyelesaian masalah sungai secara gotong royong. Kelompok-kelompok kreatif sungai akan ikut tampil untuk mengekspresikan ide dan gagasan mereka baik bidang seni, budaya dan ekonomi, ujar Ikhsan.

Ikhsan menambahkan bahwa dalam rangka mendukung Pra Kongres ini, Dinas Kominfo Sergai melalui  radio Sergai FM juga telah menghimbau masyarakat Sergai khususnya untuk sama-sama menjaga dan melestarikan sungai yang ada disekitar kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan zat kimia berbahaya seperti pestisida serta pemakaian deterjen secara berlebihan sehingga mengakibatkan kerusakan ekosistem sungai.

“Jadikan sungai di depan rumah, jangan jadikan sungai dibelakang rumah sebagaimana yang dimaksud pada tema Kongres dan Pra Kongres Sungai Indonesia yaitu ‘Sungai Sebagai Pusat Peradaban Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia’ kata Kadis Kominfo.

 Selain Kabupaten Sergai Pra Kongres ini juga akan dilaksanakan di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia, yaitu Lampung, Pontianak, Kupang, Sorong dan Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *