Kartu Identitas Anak, Permudah Anak Dalam Mendapatkan Pelayanan Publik

Bupati Soekirman :

Sei Rampah, Seiring dengan perkembangan penduduk yang terjadi, tertib administrasi kependudukan sudah menjadi kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Dengan jumlah penduduk sebesar 656.419 jiwa menurut data konsolidasi bersih semester dua tahun 2018, maka administrasi kependudukan menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan agar dapat terselenggara dengan baik dan maksimal.

Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir H Soekirman saat menjadi Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang turut dihadiri para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat Administrator, Pengawas serta seribuan ASN Pemkab Sergai bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (18/4).

Lebih lanjut disampaikan Soekirman bahwa menyikapi hal tersebut, untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Pemerintah melalui Mendagri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

“ Yang perlu kita pahami adalah bahwa KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusi warga negara,” kata Bupati.

Hal ini tentu senada dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Oleh karenanya, Kabupaten Sergai melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan urusan pemerintah daerah dibidang administrasi kependudukan telah mendukung dan merespon Permendagri tersebut dan akan menerbitkan KIA, ujar Soekirman.

Bupati berharap penerbitan KIA ini tidak hanya berguna sebagai kartu identitas tetapi juga dapat berguna untuk memudahkan anak dalam mendapatkan pelayanan publik dibidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan transportasi, imbuhnya.

Dilain hal, terkait dengan gelaran pesta demokrasi bahwa kita baru saja melaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif. Sebagai ASN kita sudah memberikan hak suara kita untuk pmemilih pemimpin negeri ini, karena suara kita menentukan masa depan bangsa.

“ Alhamdulilah, dalam Pemilu kemarin di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat suasananya tetap aman, damai dan berlangsung kondusif. Siapapun yang terpilih menjadi Pemimpin nantinya itulah yang terbaik dan kita patut menghormati apapun yang menjadi hasil dari tahapan proses demokrasi yang telah berlangsung. Semoga persatuan dan kesatuan bangsa kita tetap terjaga,” tandasnya. Disela-sela upacara diberikan tali asih kepada beberapa ASN yang memasuki masa pensiun. Mc/Sergai/Nurul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *