Teruna dan Belia Sergai Sebagai Duta Wisata Diharapkan Mampu Promosikan Potensi Daerah

Bupati Soekirman :

Pantai Cermin, Dalam rangka menggali potensi generasi penerus bangsa khususnya mencari duta wisata, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai) menggelar acara Pemilihan Teruna dan Belia Tahun 2019 di Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin.

Acara tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 23-26 April 2019. Pada Jum’at petang (26/4), merupakan puncak acara (Grand Final) Pemilihan Teruna dan Belia yang dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Disela-sela acara Bupati Soekirman menyampaikan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu  icon di Kabupaten Sergai maupun Provinsi Sumut. namun pengembangan destinasi wisata dapat dilaksanakan atas peran serta masyarakat, untuk itulah diharapkan dalam kegiatan ini Teruna dan Belia yang terpilih akan menjadi duta wisata Sergai dan dapat meningkatkan kembali Penghasilan Asli Daerah (PAD) pariwisata Sergai yang pada per 31 Desember 2018 telah mencapai 1.748.569.000,- dari 14 destinasi wisata dengan kunjungan wisatawan sebanyak 603.829 orang.
Bupati menambahkan dalam pembangunan kepariwisataan dilakukan melalui pendekatan konsep 3A yaitu Aksesbilitas (sarana dan infrastruktur untuk menuju destinasi wisata), Amenitas (segala fasilitas pendukung yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan) dan Atraksi (produk utama sebuah destinasi yang berkaitan dengan “What to see”, “What to do”, dan “What to buy”).

Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Sergai dalam 21 peraihan RPJMD tahun 2016-2021 memberi target khusus pada sektor pariwisata yaitu menjadikan Sergai sebagai salah satu destinasi wisata dengan angka kunjungan wisata mencapai 1 juta wisatawan, menambah destinasi pariwisata dengan mengembangkan ekowisata yang saat ini telah mulai dirintis dengan terciptanya desa wisata tani di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, ujarnya.

Tak lupa juga Bupati mengucapkan terimakasih kepada para dewan juri yang memiliki integritas dan keahlian dalam menilai duta wisata yang terbaik sesuai dengan budaya masyarakat Sergai.

” Kepada Teruna dan Belia Utama yang terpilih agar menjalankan tugasnya sebagai duta wisata Sergai dengan sebaik-baiknya dan tetap memegang teguh adat budaya Tanah Bertuah melalui 3B yaitu Brain, Behaviour and Beauty,”  pesannya.
Sebelumnya Kasi Parbudpora Drs Santun Banjarnahor menyampaikan bahwa duta wisata ini nantinya akan berkontribusi untuk mempromosikan seni dan budaya serta wisata yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat tidak hanya dalam lingkup Provinsi Sumut tetapi juga nasional bahkan internasional.

Kegitan ini diikuti oleh 60 orang peserta yang lolos tahapan seleksi awal dari ratusan pendaftar. Terdiri dari 32 calon Teruna dan 28 calon Belia. kemudian dalam proses penilaian berikutnya diciutkan menjadi 15 pasang calon Teruna Belia sampai menjadi 10 pasang finalis yang akan bersaing memperebutkan predikat sebagai Teruna dan Belia Utama Kabupaten Sergai Tahun 2019, papar Santun.

Hadir dalam acara  Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, Staf Ahli, Kepala BNNK Sergai Drs. Adlin Tambunan, para Camat, dewan juri serta para finalis Teruna dan Belia Kabupaten Sergai Tahun 2019.

Adapun yang memenangkan ajang Pemilihan Teruna dan Belia diantaranya yang terpilih sebagai Teruna Utama  Firman Maulana dari Kecamatan Pantai Cermin, Belia Utama Maulia Agustina dari Tanjung Beringin, Teruna Intelegensia Ryan Raditya dari Sei Rampah, Belia Intelegensia Sri Rezeki Simamora dari Perbaungan, Teruna Kepribadian Dicky Dernawan Lubis dari Perbaungan.

Selanjutnya Belia Kepribadian Randa Rivalda Hasibuan  dari Teluk  Mengkudu, Teruna Persahabatan Agung Prasetyo dari Sei Rampah, Belia Persahabatan Endang Kinasih dari Sei Rampah, Teruna Favorit Muhammad  Alfarizi dari Pantai Cermin  dan Belia Favorit Nuraini dari Tanjung Beringin.Mc/Sergai/Nurul

572 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *