Halal Bihalal Kecamatan Dolok Masihul dan Kecamatan Bintang Bayu

Bupati Soekirman Harap Adanya Perdes yang Mengakomodir Pemeliharaan Infrastruktur Desa

Bintang Bayu, Membangun infrastrukur seperti jalan dan jembatan telah kita laksanakan hingga saat ini, namun yang tak kalah penting adalah menjaga infrastruktur tersebut dengan sebaik mungkin seperti menyesuaikan kendaraan sesuai jalan yang akan dilalui, sehingga tidak melebihi tonase dan dapat merusak infrastruktur tersebut. Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya saat menghadiri acara silaturahim halal bihalal dengan masyarakat di Kantor Camat Bintang Bayu dan Dolok Masihul, Kamis (20/6/2019).

Sehubungan dengan pembangunan dari desa yang digalakkan pemerintah saat ini, diusulkan kepada masyarakat untuk mengubah pola fikir masyarakat yang cenderung ingin menjadikan anaknya PNS, TNI ataupun Polri menjadi pola fikir menjadi pengusaha maupun petani modern.

“ Baik pengusaha maupun petani modern tersebut juga memiliki peluang yang sangat besar dalam hal penghasilan, tidak kalah dari PNS, TNI maupun Polri. Dengan pola fikir pengusaha, perekonomian desa dipastikan akan cepat meningkat yang pada akhirnya meninggalkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri,” ujarnya.

Kami melihat perkembangan pembangunan setahun ini, alhamdulillah jika kita selalu bersyukur, bersatu dan kompak, maka Allah akan menambah lagi nikmat untuk kita. Artinya kita juga harus selalu bersyukur dalam banyak hal seperti kesehatan, rezeki, jauh dari bencana, serta suksesnya Pemilu yang baru saja kita lewati.

“ Semoga dengan kesungguhan dan kekompakan kita Bersaudara, kita telah menunjukkan karya nyata pembangunan, dan tidak percuma desa menerima bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur bagi masyarakat,” ungkapnya.

Agar infrastruktur jalan yang telah dibangun menjadi awet, Bupati dan Wabup berharap peran serta masyarakat untuk menjaganya. Seperti halnya desa harus membuat Peraturan Desa (Perdes) yang mengakomodir ketentuan dalam hal pemeliharaan infrastruktur yang ada di desa tersebut. Kabar baik bagi kita semua, bahwa berdasarkan penelitian, saat ini umur rata-rata manusia telah meningkat dari umur 60 tahun menjadi 74 tahun. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat mulai dari Poskesdes, Puskesmas, hingga Rumah Sakit. Hal tersebut harus kita syukuri dan dukung dengan mulai membiasakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah Sendiri (Gema Losari) yang kita canangkan tahun ini, tandas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos mengutarakan terkait pemerintahan, tahun ini akan ada 15 desa dari 19 desa di Kecamatan Bintang Bayu yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Insha Allah kami beserta masyarakat akan mendukung pelaksanaan Pilkades tersebut dengan lancar, aman dan terkendali.

“ Terkait pembangunan, kami masyarakat Kecamatan Bintang Bayu khususnya Desa Bintang Bayu bekerjasama dengan seluruh unsur masyarakat berpartisipasi dalam hal pembangunan madrasah secara swadaya. Kami berharap perhatian Pemerintah Daerah dalam hal pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat akan semakin ditingkatkan setelah kegiatan hari ini,” ujarnya.

Sedangkan Camat Dolok Masihul M. Syarif Sitopu, SE didampingi Muspika mengharapkan masukan dan kerjasama serta sama-sama bekerja dari kita semua untuk menjaga situasi aman dan kondusif sehingga kita dapat menjalankan aktifitas dengan lancar dan aman guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Hadir juga dalam kegiatan Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Drg Hj Khairani Hadi Winarno, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik, MM, Kabag Kesra Sudarno, S.Sos, Camat Dolok Masihul M. Syarif Sitopu, SE beserta Muspika, Camat Bintang Bayu Sri Hernawati, S.Sos, beserta Muspika, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Pembantu Dolok Masihul Amir Syarif, Pimpinan Perusahaan/Perkebunan, Korwilcam Bidang Pendidikan, Kepala Desa/Lurah, Kepala Sekolah, Tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, ormas/OKP, serta ratusan masyarakat.

Guna menambah berkah silaturahmi halal bihalal di Kecamatan Dolok Masihul dan Kecamatan Bintang Bayu, Ustadz Sutrimo Handoyo mengangkat tema Bermaaf-maafan. Bahwa saling bermaaf-maafan hendaknya bukan hanya dilakukan pada masa Idul Fitri di bulan Syawal saja, namun setiap saat saling bermaaf-maafan itu harus dilakukan, sebab dengan bermaaf-maafan, silaturahmi yang putus dapat terjalin kembali dan keberkahan Allah SWT akan menaungi kita semua.

Acara halal bihalal diisi dengan pemberian tali asih kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa, serta penyerahan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Baru dari Pemerintah melalui Bank Mandiri kepada 1.055 jiwa masyarakat Kecamatan Dolok Masihul. MC Sergai/vivi

337 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *